Ketahui Tips Jitu Memilih dan Mengolah Ikan Teri Medan

Ilustrasi teri Medan.
Sumber :
  • Instagram @terimedan_

VIVA.co.id – Ikan teri Medan adalah bahan makanan yang paling banyak digunakan sebagai campuran berbagai hidangan di Indonesia, mulai dari bahan untuk membuat teri kacang, campuran untuk nasi goreng, atau juga bisa dijadikan pepes.

Lolos ke Championship Series, Persib Tatap Serius Laga Lawan Persebaya

Namun, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat memilih maupun mengolah teri Medan. Tentunya hal ini sangat disayangkan, karena selain tidak enak untuk disantap, pengolahan yang tidak tepat juga membuat teri Medan tidak awet untuk disimpan.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara memilih, mengolah hingga menyimpan teri Medan dengan tepat, simak tipsnya daru juru masak Onyx Restaurant, Chef Sularno.

BYD Pamer Mobil Super Canggih, Bodinya Furutistik

Menurutnya ketika ingin membeli teri Medan, baik di pasar tradisional maupun di supermarket, pilihlah ikan teri yang tidak lembap dan berwarna kemerahan.

"Tidak boleh yang lembap, pilih yang agak kering, jangan yang ada air, karena tidak fresh," kata Sularno saat ditemui VIVA.co.id di Onyx Restaurant, Best Western Plus Hotel Kemayoran, Jumat, 26 Agustus 2016.

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Untuk pengolahannya sendiri, ia menyarankan untuk merendam di air panas terlebih dahulu, sebelum dimasak dan dicampur dengan bahan lainnya.

"Kita rendam air panas, selain mengurangi rasa asin terus juga menghilangkan kotorannya juga. Kita tiriskan, kemudian kita panaskan minyak, kita goreng biasa," kata dia.

Ia juga mengatakan, kesalahan yang sering terjadi adalah menggoreng teri Medan diatas api besar, dan dalam waktu yang lama. Ini menyebabkan teri menjadi gosong dan pahit.

"Begitu minyaknya mulai panas apinya kurangin, pelan, sama seperti bawang putih, sebentar saja karena bisa gosong. Untuk menghasilkan yang crispy kurang lebih itu," ujar Sularno.

Sementara itu, untuk menyimpannya, jika teri Medan masih segar dan belum digoreng sebaiknya simpan di lemari es, tepatnya di bagian chiller. Hal ini untuk mencegahnya agar tidak mudah busuk. Kemudian untuk yang sudah digoreng atau dimasak, simpan di dalam wadah plastik dan tutup dengan rapat.

Teri Medan dapat disimpan kurang lebih selama satu minggu. Namun, ia menyarankan untuk membelinya hanya untuk sekali pakai, sehingga tidak disimpan terlalu lama hingga busuk dan menjadi sia-sia karena dibuang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya