Tiga Dana Prioritas yang Harus Diatur Keluarga Muda

Ilustrasi keluarga harmonis
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA.co.id – Membangun keluarga adalah hal yang susah-susah gampang. Bertambahnya kebahagian berbanding lurus dengan bertambahnya tanggung jawab. Dalam keluarga, tidak bisa dipungkiri bahwa finansial adalah hal vital yang harus dijaga.

Strategi Para Ibu Kelola Keuangan Tetap Stabil Hadapi Resesi Ekonomi

Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dalam hal keuangan agar tidak uring-uringan di kemudian hari. Pritta Ghozie, seorang konsultan keuangan mengatakan bahwa dalam perencanaan keuangan terdapat tiga hal utama yang harus dipersiapkan oleh keluarga muda, yaitu dana darurat, tempat tinggal, dan pendidikan anak.

Dana Darurat
Kita tidak pernah tahu kapan musibah datang baik pada diri sendiri atau orang terkasih. Namun, penting untuk tetap menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk hal semacam ini. Bisa dalam bentuk tabungan atau asuransi.

Ini 5 Tips Atur Keuangan Keluarga untuk Hadapi Krisis Ekonomi

"Biasanya yang kita prioritasin adalah dana darurat karena yang namanya musibah pasti bisa saja terjadi pada siapapun," ujar Pritta saat ditemui di acara Permata Bank Preffere di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dana Hunian
Tentunya Anda tidak ingin terus-terusan tinggal di rumah orangtua atau rumah mertua Anda bukan? Kesampingkan keinginan Anda untuk membeli mobil atau perhiasan, mulailah menyisihkan uang untuk membayar uang muka cicilan rumah atau sewa rumah.

5 Alasan Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan

Dana Pendidikan Anak
Menyisihkan uang untuk pendidikan anak bisa Anda mulai saat sang anak lahir. Anda sudah mulai dapat membayangkan berapa dana yang dibutuhkan untuk pendidikan.  

"Kalau untuk pendidikan anak bisa ditunda sampai anaknya lahir karena kalau belum punya rumah nanti agak repot," kata Pritta.

Azhar Dzaki Irawan

Azhar Dzaki Irawan, Konten Kreator yang Punya Penghasilan Sejak SMK karena Labil Ekononmi Keluarga

Seperti terlihat dalam akun TikTok milikinya @azhardzaki_ berikut ini. Sang konten kreator juga kerap membuat video bersama istri tercintanya dalam kesehariannya tersebut

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024