Rekomendasi Santapan Lezat Kuliner Khas Pulau Jawa

Mi Suehah topping oncom
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki makanan lezat yang menjadi kebanggaan. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi makanan favorit kebanyakan orang saat berkunjung ke daerah tersebut.

Tahun ke-6, FKB 2018 Sajikan Ratusan Kuliner Nusantara

Sayangnya, tidak mudah mendapatkan makanan khas beberapa daerah di Pulau Jawa. Namun dalam Festival Kuliner Bekasi (FKB) yang digelar di Summarecon Mal Bekasi mulai 9 September hingga 2 Oktober 2016, pengunjung bisa mencicipi puluhan hidangan khas beberapa daerah di Pulau Jawa.

VIVA.co.id berkesempatan mencoba beberapa makanan yang dijajakan di Festival tersebut. Dan berikut ini rekomendasi kuliner khas daerah di Pulau Jawa yang wajib dicoba saat berkunjung ke FKB.

Nikmatnya Makanan Khas Jawa di Kedai Havelaar

Sate

Selama berada di sini, pengunjung bisa mencicip berbagai jenis sate yang ditawarkan, mulai dari sate Padang, sate klatak, sate sapi, sate kuah, sate klopo hingga sate kelinci.

Ada Sesaji untuk Para Dewa di Balik Sejarah Wedang Ronde

Sate klatak sendiri berasal dari kota Yogyakarta. yang membuat sate ini unik adalah tidak hanya dalam penyajiannya yang menggunakan kuah gulai kambing kental, tapi saat membakarnya, sate ditusuk dengan menggunakan jeruji besi. Bumbunya pun sederhana, hanya menggunakan garam. Ada dua pilihan daging yang digunakan, yaitu kambing atau sapi.

Sate klatak

Sedangkan sate klopo yang berasal dari Surabaya ini sepintas mirip dengan sate lilit. Hanya saja sate klopo seperti namanya, klopo yang dalam bahasa Indonesia artinya kelapa ini, menggunakan kelapa sangrai yang telah diberi bumbu, kemudian dibentuk bulat dan dibakar.

Bosan dengan sate ayam, coba mencicipi sate kelinci. Rasanya hampir mirip dengan ayam, namun sate kelinci memiliki tekstur lebih lembut dan kenyal di banding sate ayam.

Olahan nasi

Tak puas dengan sate, mari berburu beragam olahan nasi di sini, mulai dari nasi langgi, nasi liwet, nasi cikur. Kalau jenis nasi lainnya terasa akrab di telinga, tentu tidak dengan nasi cikur.

Nasi cikur sama seperti nasi rames pada umumnya, dengan pilihan oseng, dan lauk. Yang membedakan, nasinya digoreng dan diberi bumbu kencur serta tambahan teri medan.

Nasi cikur

Mi

Mulai dari bakmi godog dari Yogyakarta hingga Mi Suehah dari Bandung, bisa dicicip pengunjung di sini. Mi Suehah sendiri adalah mi ayam dengan rasa pedas manis. Terdapat tiga pilihan toping, yaitu jamur, oncom, dan ayam.

Oseng mercon

Satu makanan yang wajib dicoba di sini adalah oseng mercon dari Yogyakarta. Oseng mercon di sini berisi tetelan, atau bisa juga memilih oseng mercon ceker.

Oseng mercon

Brongkos

Rasanya sedikit berbeda dan lebih berminyak dibanding oseng mercon, namun brongkos asal Yogyakarta, yang terdiri dari kacang tolo, daging sapi dan tahu putih ini memiliki rasa gurih dan sedikit pedas karena campuran cabe rawit di dalamnya.

Makanan ringan

Tak lengkap rasanya makan-makanan berat tanpa penutup atau pembuka yang manis. Untuk itu, pengunjung bisa mencoba serabi Solo, tahu petis, tahu bakso, lumpia Semarang, cimol dan cilok, cakwe, hingga kue putu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya