Lima Tanda Pisau Dapur Harus Diganti

Ilustrasi pisau
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pisau dapur yang terawat akan lebih tahan lama digunakan. Bagian tumpul dipertajam kembali dan cacat kecil ditutupi agar pisau terlihat seperti baru.

Modal Alat Dapur, Wanita Ini Selamatkan Kucing dari Lilitan Ular Besar

Namun, ada beberapa tanda pada pisau yang mengisyaratkan pada Anda untuk segera membeli pisau dapur baru. Apa saja tanda-tanda pisau lama harus diganti dengan yang baru? Berikut di antaranya dilansir laman The Kitchen.

1. Pisau Sumbing

4 Peralatan Dapur yang Membuat Memasak Lebih Sehat

Mata pisau Anda mungkin sudah ada yang mengalami cacat atau bergelombang. Itu tandanya pisau sudah terlalu sering digunakan. Cacat kecil pada mata pisau masih bisa diatasi, namun jika sudah terlalu besar, sebaiknya gantilah pisau dengan yang baru.

2. Ujung Pisau Bengkok atau Patah

Terlalu Kreatif, Gunakan Wajan Sebagai Pengganti Setir Mobil

Hal ini kerap terjadi jika pisau terjatuh dan menghantam lantai atau memotong benda yang sangat keras. Jika patahnya sudah terlalu besar, belilah pisau baru agar pisau dapat berfungsi maksimal.

3. Paku Sumbat Longgar

Paku ini terdapat di bagian pangkal pisau yang menghubungkannya dengan handle pisau. Ketika paku ini sudah mulai longgar, sebaiknya ganti pisau dengan yang baru karena bisa membahayakan Anda saat memasak di dapur.

4. Handle Rusak

Biasanya hal ini terjadi jika pisau sudah terlalu lama digunakan atau kualitas pisau tidak bagus. Sebaiknya beli pisau baru untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

5. Pisau Sudah Tidak Nyaman Digunakan

Ketika pisau terlalu berat, atau tidak seimbang saat digunakan dan handel tidak nyaman untuk dipegang sebaiknya gantilah pisau Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya