Gerakan Pertahanan Diri yang Wajib Dikuasai Wanita

Ilustrasi bela diri
Sumber :
  • Pixabay/pavlofox

VIVA.co.id – Dengan tingkat kriminalitas yang semakin tinggi, terutama di kota-kota besar, rasanya setiap wanita wajib mengetahui gerakan dasar untuk melindungi diri mereka ketika diserang orang asing. Meski tidak bisa bela diri, setidaknya gerakan itu bisa meminimalisir dampak kekerasan di jalan.

Mau Belajar Bela Diri Israel, Anya Dwinov Diinterview Dulu

Seorang ahli fitness Jeff Halevy memberikan beberapa teknik yang harus diketahui wanita untuk pertahanan diri. Berikut ini diantaranya seperti dilansir laman Health.com.

Jika penyerang menarik rambut

Kejuaraan Dunia Wushu Berakhir, Indonesia Raih 2 Emas

"Ini bisa sangat mengintimidasi karena dia mengendalikan kepala Anda dan dari kepala akan berdampak ke seluruh tubuh," kata Halevy.

Meski begitu, Anda bisa melakukan teknik yakni memegang tangan penyerang yang memegang rambut Anda dengan kedua tangan. Tutupi wajah Anda untuk melindungi dari tonjokkan dan putar tubuh Anda 180 derajat. Gerakan ini dapat memutar bahu penyerang, dan pergelangan tangannya. Gerakan ini juga seharusnya bisa membuat dia melepaskan genggamannya.

Cantik Berbahaya, Wanita-wanita Ninja Iran Curi Perhatian

Jika penyerang mencekik dari depan

"Anda mungkin hanya punya 5-6 detik sampai darah Anda berhenti mengalir ke otak dan Anda akan pingsan. Jadi Anda harus melepaskan diri secepat mungkin," ujar Halevy.

Untuk itu, Anda harus menyelusup dari bagian bawah. Ambil selangkah ke depan penyerang lalu tarik dengan seluruh beban tubuh Anda, dengan seluruh beban tubuh Anda, lalu putar bagian pinggul dan loloskan diri dari bagian samping. Langkah selanjutnya adalah melarikan diri ke arah yang berlawanan.

Jika penyerang mendorong ke dinding

Dalam situasi ini, tujuan utamanya adalah membuat jarak antara dinding dengan tubuh Anda. Rendahkan salah satu bahu Anda kemudian putar tubuh ke arah bahu itu ke dekat dinding. Lalu mengangkat tangan yang lain ke arah leher penyerang, kemudian pukulkan siku Anda ke arah penyerang.

Jika penyerang menyergap dari belakang

Pegang sikutnya dengan satu tangan dan bahunya dengan tangan yang lain. Kemudian tundukkan bahu Anda dan badan Anda sedikit membungkuk hingga tubuh penyerang ada di punggung Anda. Untuk menjatuhkannya, luruskan kaki Anda sambil menegakkan kepala dan dia seharusnya bisa terjatuh ke tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya