Tips Memasak Telur Setengah Matang dengan Sempurna

Ilustrasi telur
Sumber :
  • pixabay/condesign

VIVA.co.id – Membuat telur rebus setengah matang terlihat mudah, namun nyatanya tidak demikian. Bahkan sedikit lebih sulit daripada telur rebus yang matang sempurna. Jika tidak tepat, bisa jadi bagian telur putih malah masih mentah dan berair. Karena itu waktu dan tingkat kematangan ketika memasak haruslah tepat.

5 Cara Kurangi Lemak dalam Masakan, Dijamin Jadi Lebih Sehat

Telur setengah matang bisa dimakan langsung atau juga dihidangkan dengan makanan lainnya. Hidangan ini sangat tepat untuk sarapan. Tapi tak perlu khawatir untuk membuatnya, seperti dilansir dari laman The Kitchen, berikut cara membuat telur setengah matang dengan sempurna.

Untuk menghasilkan sebuah telur setengah matang yang baik, harus memerhatikan waktu memasaknya. Hal yang harus dilakukan ialah panaskan air hingga mendidih, kemudian segera kecilkan api. Kemudian masukkan telur ke panci, dan mulai rebus.

Makan Telur Rebusan Microwave, Malah Meledak di Mulut

Telur Rebus

Jika Anda hanya memasak satu atau dua telur, lima menit cukup untuk membuat kuning telur bertekstur lembut dan sedikit berair. Untuk mendapatkan hasil yang tidak berair, masaklah dengan durasi enam hingga tujuh menit. Namun, jika Anda memasak tiga atau empat butir telur, tambahkan beberapa detik waktu tambahan. Baiknya gunakan timer agar mendapatkan hasil sempurna.

Intip Cara Chef Memasak Telur Ceplok, Ternyata Caranya Beda

Jangan hanya melirik jam ke waktu telur Anda, aturlah timer. Menggunakan timer adalah cara terbaik mendapatkan hasil yang sempurna.

Jika sudah siap, Anda bisa langsung menyajikannya. Cara penyajiannya juga harus diperhatikan, caranya pecahkan perlahan dengan menggunakan tepi pisau dengan lembut pada bagian atas permukaan kuli telur.

Akan lebih mudah jika Anda menggunakan egg cuttter. Jika tidak ada, Anda bahkan bisa menggunakan sendok atau tepian tipis seperti pinggiran gelas.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya