Tips Memilih Roti yang Sehat

Ilustrasi roti.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA.co.id – Ada banyak jenis roti yang menjadi pilihan di pasaran. Salah satu yang paling banyak menjadi favorit adalah roti tawar. Meski beberapa ahli nutrisi mengklaim bahwa roti ini tidak memiliki kandungan gizi karena tepung yang diproses, tetap saja roti tawar banyak disukai.

Manfaat Sarapan dengan Roti Gandum Bagi Kesehatan

Roti tawar dapat dikatakan sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Namun, yang pelu dipertanyakan adalah apakah roti tawar ini benar-benar sehat bagi kita?

Untungnya, masih ada roti gandum utuh yang bisa menjadi alternatif sehat konsumsi roti. Meski masih banyak roti gandum utuh komersial yang masih mengandung gula berlebih, namun roti ini masih berada di atas roti tawar biasa, khususnya di bagian seratnya.

Konsumsi Roti Setelah Nasi Ternyata Baik Bagi Kesehatan

Menurut laman Boldsky, roti tawar tidak mengandung serat sama sekali sementara roti gandum utuh memiliki sekitar 2-3 gram serat di setiap potongnya. Jadi, roti ini adalah pilihan terbaik bagi Anda.

Selain itu, roti gandum hitam juga merupakan roti yang baik. Roti ini sangat tinggi kandungan seratnya dan dapat dimakan tanpa tambahan apapun. Roti gandum, selain mengandung banyak serat, juga kaya akan mineral dan vitamin.

Chef Jepang Ungkap Cara Hasilkan Roti Lebih Putih

Jadi, apa yang harus dipertimbangkan saat Anda memilih roti? Pilihlah selalu roti gandum. Karena roti gandum mengandung banyak serat, mineral, vitamin, dan protein.

Selain itu, saat memilih roti gandum, pilihlah yang 100 persen gandum karena kandungan nutrisinya yang maksimal. Lihat labelnya dan periksa kandungannya secara seksama. Hindari membeli roti yang mengandung pewarna buatan, pengawet, dan perasa. Dan yang terpenting, lihat kandungan seratnya. Pilih roti yang paling tinggi kandungan seratnya.

Ilustrasi roti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya