Lima Makanan dan Minuman ini Ampuh Redakan Rasa Pedas

Ilustrasi makanan pedas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengonsumsi makanan pedas memang memiliki sensasi tersendiri. Tapi yang harus diwaspadai sensasi setelahnya terkadang sulit hilang. Tidak hanya dalam beberapa menit, terkadang bisa sampai satu jam rasa pedas dan panas masih terasa di mulut juga lidah. Yang dilakukan selanjutnya, kebanyakan orang hanya mengonsumsi banyak air putih.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Tapi, untuk menghentikan rasa terbakar di dalam mulut, ternyata tidak cukup hanya dengan air putih. Ada beberapa minuman yang ampuh untuk meredakan rasa pedas di mulut Anda. Seperti dilansir dari laman Medical Daily, berikut di antaranya:

Susu

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

Ketika mencari minuman untuk meredakan pedas, susu ialah salah satunya. Susu, terutama susu tawar atau tanpa rasa, dikenal ampuh meredakan pedas.  Minuman ini populer sejak 8.000 tahun yang lalu ketika Amerika Tengah dan Selatan mulai memasukkan cabai ke dalam masakan mereka.

Kasein, protein dalam susu, menurut American Chemical Society, membantu memecah capsaicin, zat yang menciptakan rasa pedas dalam cabai, pada reseptor saraf.

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Ini juga menjadi alasan mengapa banyak budaya yang menggunakan susu dalam resep mereka, yakni untuk mengimbangi efek dari capsaicin, seperti dalam masakan India dan Meksiko.

Minuman beralkohol

Ternyata, minuman alkohol juga mampu menetralisir rasa pedas dan sensasi terbakar usai mengonsumsi makanan pedas.

Kandungan dalam bir menawarkan pereda pedas karena minyak dan air tidak mencampur, dan dapat menyebarkan capsaicin, serta mengurangi efeknya. Tapi tentu harus diingat untuk minum secukupnya.

Gula

Makanan manis juga mampu menetralisir rasa pedas dari hidangan yang banyak mengandung cabai. Gula pasir dan madu akan mengurangi rasa pedas dalam mulut.

Susu cokelat

Kandungan lemak yang tinggi dalam cokelat akan membantu menghilangkan capsaicin dari mulut karena lebih mudah larut dalam lemak dibandingkan air putih. Susu cokelat juga akan memberikan lebih banyak manfaat daripada dark chocolate karena mengandung lemak dan kasein yang lebih tinggi.

Roti

Sepotong roti dapat membantu dengan menyerap capsaicin yang membuat mulut Anda terbakar. Nasi juga dapat memberikan efek yang sama seperti roti, tetapi mungkin hanya menyerap sedikit capsaicin karena teksturnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya