Begini Cara Cepat Potong Daging Ayam

Ilustrasi Daging Ayam
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA.co.id – Daging ayam menjadi bahan makanan favorit banyak orang. Selain rasa dagingnya yang lezat, daging ayam bisa diolah ke dalam berbagai masakan.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Namun, meski begitu, mudah mengolah ayam ke dalam berbagai bentuk masakan, tapi belum tentu, mereka yang senang memasak bisa memotong ayam dengan cara yang benar.

Ada baiknya saat membeli ayam di pasar atau supermarket, belilah satu bagian ayam utuh ketimbang yang sudah dipotong-potong terlebih dahulu.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Selain lebih hemat, dengan cara ini Anda bisa memanfaatkan seluruh bagian tubuh ayam untuk dimasak. Jika Anda kebingungan bagaimana cara memotong setiap bagian tubuh ayam, berikut caranya dilansir laman Parents.

Buang bagian kaki dan sayap

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2024: Daging Sapi, Cabai, hingga Telur Ayam Naik

Taruh ayam di atas talenan dengan dada menghadap ke atas dan bagian kaki dekat dengan Anda. Potong kaki ayam dan tarik hingga tulang rawan terlihat. Potong di bagian persendian paha dan kaki.

Putar posisi ayam sehingga sayap berada lebih dekat dengan Anda. Sama dengan cara sebelumnya, potong di bagian persendian sayap dengan dada dengan pisau tajam. Lakukan hal yang sama pada sayap lain.

Potong di bagian sendi

Manfaatkan garis lemak yang terdapat antara bawah dengan paha atas. Lagi-lagi, potong tepat di persendian keduanya.

Dada

Untuk mendapatkan dada mentok alias daging dada tanpa tulang, potong secara perlahan dan mulai dari bagian dapan dada, teruskan ke arah daging dada dan gunakan tulang rusuk ayam sebagai panduan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya