Tips Meracik Kopi Aceh Gayo

Ilustrasi pembuatan kopi
Sumber :
  • pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Anda tentu sudah tahu kopi Aceh Gayo adalah salah satu kopi ternikmat dan termahal dunia? Gelar ini disabet kopi Gayo dalam pameran kopi tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America di Portland, Amerika Serikat.

Kopi Indonesia Rambah Pasar Balkan Eropa

Penasaran bagaimana cita rasa kopi ini? Anda bisa menyeduhnya sendiri di rumah. Namun ada tips yang perlu Anda ikuti agar cita rasa asli kopi tersebut benar-benar dapat Anda rasakan.

Pertama, pastikan kopi Gayo yang Anda seduh benar-benar asli dari tanah Gayo, Aceh karena kopi yang ditanam dari daerah berbeda tentu akan memiliki cita rasa berbeda pula.

Ketika Kopi Nusantara Jadi Primadona di Istanbul

Kedua, F&B Manager The Media Hotel & Tower Aan Sutriaman menyarankan menggunakan air panas mendidih untuk menyeduh kopi ini.

"Tipsnya airnya harus benar-benar mendidih dan panas, siapkan kopi Aceh Gayo yang benar-benar asli dari Gayo," kata Aan pada VIVA.co.id saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Kafe Khusus Aneka Kopi Indonesia Akhirnya Dibuka di Jerman

Ia juga menyarankan untuk tidak mengaduk kopi terlalu lama karena semakin lama mengaduk maka akan semakin cepat pula kopi Anda dingin. Jika sudah dingin, maka cita rasa dan aroma asli kopi Gayo tidak dapat Anda rasakan.

"Mengaduknya jangan terlalu lama, makin lama diaduk akan bikin panas berkurang dan sajikan panas-panas karena kalau dingin aroma kopi tidak keluar," ujar Aan.

Terakhir, tahan keinginan Anda untuk mendapatkan rasa manis dengan menambahkan gula. Hal ini akan membuat Anda kehilangan cita rasa asli kopi Gayo itu sendiri.

Kopi Gayo khas Aceh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya