Tips Jaga Apel Tahan Lama

Buah apel.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Hampir semu orang menikmati kesegaran apel, baik dengan cara dimakan mentah atau dicampur dalam aneka hidangan. Namun, satu masalah yang kerap timbul saat berhadapan dengan apel adalah kelemahannya terhadap oksigen. Apel yang sudah dipotong lama-lama akan berwarna kecokelatan. Hal ini disebabkan kontak yang terjadi antara apel dengan oksigen. Bagaimana cara mencegah hal itu terjadi? 

Dilansir laman Fine Cooking, caranya cukup dengan memanfaatkan suhu dingin dan asam. Campurkan seperempat cup air lemon, dua sendok teh cuka dan vitamin C yang sudah dihaluskan pada wadah yang berisi empat gelas air. Tak hanya itu, cara lain yang bisa dengan melumuri potongan apel bersama gula atau sirup. 

Masalah lain yang kerap dihadapi saat berurusan dengan apel dan buah-buah lain adalah pembusukan. Anda perlu tahu bagaimana menyimpan buah yang benar agar bisa awet untuk waktu yang cukup lama.

Benarkah Makan 1 Apel Sehari Bisa Buat Frekuensi ke Dokter Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Untuk menghindari pembusukan, apel harus diperlakukan baik artinya jangan sampai apel terbanting atau jatuh dan jika memungkinkan pisahkan dengan apel lain. Itulah mengapa apel diberi sarung pembungkus lembut saat Anda beli di super market atau pasar.

Untuk penyimpanan lebih lama, simpan di dalam kulkas di tempat khusus penyimpanan buah. Ini berguna untuk memperlambat proses pematangan lebih lanjut dari apel. Atur kelembapan sekitar 85 persen untuk mencegah apel kering prematur.
 

Bukan Kulit, Ini Bagian Paling Sehat dari Apel yang Sering Dibuang
ilustrasi buah sebagai makanan sehat

Daftar Buah Penurun Kolesterol Usai Makan Daging di Idul Adha

Meskipun buah-buahan tidak secara langsung menurunkan kolesterol, beberapa jenis buah memiliki kandungan serat yang tinggi dan nutrisi lainnya yang dapat mendukung penuru

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023