Tujuh Alasan Anda Harus Mengurangi Konsumsi Gula

Gula.
Sumber :
  • Pixabay/gugue

VIVA.co.id – Membayangkan hidup tanpa gula dan makanan manis mungkin semuanya menjadi terasa kurang lengkap. Tapi tahukah Anda bahwa tubuh bisa jauh lebih sehat jika tidak mengonsumsi gula?

Ini Dampak Konsumsi Gula Berlebihan pada Kulit Wajah

Namun, jangan khawatir karena berhenti mengonsumsi gula bukan berarti menghentikan konsumsi seluruh makanan manis. Anda masih bisa mengonsumsi pemanis alami seperti madu.

Lalu,apa saja manfaat yang Anda dapat jika mengurangi konsumsi gula? Berikut diantaranya, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Makan Nasi Goreng, Begini Pangkas Gula Tinggi di Makanan

Meningkatkan kesehatan jantung

Gula bisa mengganggu tekanan darah karena peningkatan kadar insulin dan tekanan darah tinggi bisa memengaruhi kinerja jantung. Oleh karena itu, mengurangi gula bisa mengurangi risiko gangguan jantung.

Es Teh Indonesia Somasi Konsumen, Kemenkes Buka Suara

Mengurangi jerawat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makan manis terlalu banyak dapat menyebabkan jerawat. Jika jerawat tidak hilang dengan berbagai cara, Anda bisa coba dengan mengurangi asupan makanan manis.

Mencegah diabetes

Tentunya ini adalah manfaat pasti dari mengurangi konsumsi gula. Kenaikan kadar insulin dalam tubuh yang disebabkan konsumsi gula berlebih bisa memicu penyakit diabetes.

Baik untuk gigi

Makanan mengandung gula adalah salah satu penyebab utama dari gigi berlubang dan penyakit gigi lain.

Meningkatkan daya ingat

Dengan mengurangi konsumsi gula, kinerja sel tertentu di otak menjadi lebih lancar. Hal ini secara tidak langsung tentunya baik untuk menjaga daya ingat Anda.

Mengurangi berat badan

Bagi Anda yang peduli dengan berat badan tentu sudah tahu bahwa gula mengandung banyak kalori. Jika ingin memiliki berat badan ideal, kurangi asupan gula Anda mulai dari sekarang.

Baik untuk kesehatan hati

Kelebihan gula diketahui dapat menyebabkan gangguan pada hati. Oleh karena itu, ketika Anda berhenti mengonsumsi gula, hati akan lebih sehat dan berfungsi lebih baik.

Ilustrasi gula

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya