Trik Mengakali Masakan Kelebihan Bumbu

Ilustrasi memasak
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA.co.id – Saat menyiapkan hidangan untuk keluarga tercinta kesalahan ini pasti umum dilakukan oleh siapapun. Apakah masakan menjadi terlalu, asin, pedas, manis, atau tawar.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Namun, jika salah menanganinya Anda akan berakhir merusak makanannya dan akan membuatnya terbuang sia-sia. Berikut ini trik yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan masakan Anda seperti dikutip dari laman Today.

Makanan terlalu asin

Sering Konsumsi Makanan Gosong Dapat Sebabkan Kanker? Ini Penjelasannya

Pertama, tambahkan nasi atau mie ke dalam sup Anda, atau buat pure nasi dan tambahkan sebagai pengental, cara ini bisa menyeimbangkan rasa pada masakan Anda. Selain itu, lemon atau cuka dan juga pemanis juga bisa digunakan untuk menutupi rasa asin. 

Tapi, solusi paling akhir adalah menambahkan cairan dan bahan lain. Untuk memperbaiki kesalahan pemberian bumbu, Anda hanya cukup menggunakan satu prinsip, tambahkan air dan ubah dengan menambahkan rasa berbeda.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Makanan terlalu asam

Jika Anda suka membuat dressing untuk salad atau saus tomat dan rasanya terlalu asam, Anda bisa menambahkan sejumput gula dan garam untuk memperbaiki rasanya.

Makanan hambar

Cobalah peras sedikit lemon atau tambahkan satu sendok makan cuka pada makanan Anda.

Makanan terlalu pedas

Ada beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan, menambahkan rasa asam seperti memberi perasan jeruk nipis, memberi rasa manis, dan yang lebih baik menambahkan sedikit lemak seperti alpukat, atau krim asam, mayonais, atau yoghurt.

Makanan terlalu manis

Apapun yang Anda lakukan, jangan tambahkan garam karena hanya akan membuat rasa manisnya bertambah. Rasa asam, pahit, dan panas akan mengikis rasa manis berlebih dan menambahkan sensasi rasa pada makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya