Band Anak Berkebutuhan Khusus Raih Penghargaan Internasional

Band The Chord
Sumber :
  • Dokumentasi Yayasan Bina Abyakta

VIVA.co.id – Band bernama The Chord yang beranggotakan individu dengan autisme pada 26 November lalu berhasil memboyong sebuah penghargaan dari ajang Autistic Talent Gala Asia di Hong Kong. Dalam ajang tersebut, band dari Yayasan Bina Abyakta ini berhasil mendapatkan The Best Expression Award.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

"Pada Juli 2016, The Chord mengirimkan video demo untuk mengikuti audisi yang dilakukan melalui Youtube. Lalu, pada September, The Chord terpilih di antara 105 kontestan dari seluruh dunia menjadi satu dari delapan finalis grup yang finalnya dipentaskan di Hong Kong," ujar Arami Aslama, salah satu guru pembimbing di Yayasan Bina Abyakta, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 2 Desember 2016.

Autistic Talent Gala Asia adalah perhelatan musik akbar bagi individu dengan autisme untuk menunjukkan talenta dan kemampuan mereka di bidang musik. Ajang yang diselenggarakan oleh An International Education Foundation Hong Kong mulai berdiri pada 2014 dengan fokus Asia.

Melawan Stigma Buruk Autisme di Indonesia

Namun, tahun ini peserta dari negara-negara di luar Asia mulai tertarik dan meramaikan acara tersebut. Ada 15 negara yang ikut serta dalam perhelatan tahun ini, di antaranya Amerika, New Zealand, Filipina, Hong Kong, Maldives, Malaysia, Vietnam, Indonesia, India, Taiwan, Bangladesh, Singapura, Jepang, dan China.

Ara menuturkan, tahun ini merupakan kedua kalinya Yayasan Bina Abyakta memenangi penghargaan bergengsi ini. Pada 2015, salah satu band dari Bina Abyakta, bernama The Spe.ed.ster 3, juga memenangi The Best Rhythm Award dengan membawakan lagu Lady Madonna.

Wujud Cita Pejuang Indonesia Ramah Autis, Hadirkan Edukasi untuk Lawan Stigma di Indonesia

"Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa sebuah perjuangan yang dijalani dengan kegigihan, konsistensi, kesabaran, pantang menyerah, dan doa, pasti akan membuahkan hasil. The Chord telah menembus batas dan membuat impian menjadi nyata," katanya.

Band di bawah asuhan Tito Soemarsono ini beranggotakan Valentin Keken Christanto pada keyboard, Kezia Kuryakin Sibuea pada biola, Ramadhika Asra pada gitar, Joshua Khendrico Khendy pada bass gitar, dan Owen Tjahjono Sianto pada drum. Mereka berhasil memboyong penghargaan dengan membawakan karya Tito Soemarsono berjudul "Indonesian Blues".

Ilustrasi anak autis

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Autisme adalah spektrum gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi cara seseorang berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia di sekitar. Penderitanya sulit komunikasi.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024