4 Menu Rekomendasi Saat Berburu Kuliner Minang di FJM 2016

Festival Kuliner Khas Minangkabau
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Festival Jajanan Minang hari kedua, Minggu, 11 Desember 2016, ramai diserbu pengunjung. Wajar saja, festival ini menyuguhkan puluhan aneka panganan khas Minangkabau.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

Di sini Anda akan tahu bahwa makanan Minang tidak sebatas rendang, dendeng atau sate padang. Makanan khas Minang lain dapat ditemui di sini seperti kerupuk kulit, keripik macho, kerupuk jengkol, ikan bilih asal Danau Singkarak, aneka gulai, es kampiun dan masih banyak lagi.

Kepada VIVA.co.id, Bobi Arianto, selaku founder komunitas Anak-anak Minang Jabodetabek, memberikan rekomendasi makanan yang wajib dicoba di festival ini yaitu bika, ikan bilih, itiak lado hijau dan nasi kapau.

Resep Buka Puasa: Nasi Truntum Andalas Khas Selera Minang

"Bika, karena cara masaknya, bentuk dan rasanya berbeda. (Dimasak) pakai arang dan daun cikas," kata Bobi.

Bika rupanya mirip dengan serabi, namun teksturnya lebih kasar dengan campuran kelapa di dalamnya. Di festival ini, bika termasuk makanan dengan peminat yang banyak.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

"Dari tadi masih antre, jadinya enggak jadi," kata Ety, warga asli Minang yang kini menetap di daerah Pasar Rumput, Jakarta.

Ikan bilih, juga menjadi pilihan menu yang banyak diserbu  karena ikan ini memang jarang ditemukan di Jakarta. Ikan ini hanya ditemukan di Danau Singkarak dan Maninjau.

Dari pantauan VIVA.co.id, booth penjual ikan bilih sudah ludes terjual. Pemilik booth bahkan menuliskan 'Maaf habis ya!!!' Di booth miliknya yang sudah kosong.

Seperti diketahui, Festival Jajanan Minang 2016 ini digelar sejak 10 Desember-11 Desember. Dan hari ini, acara akan berakhir pukul 21.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya