Cara Lebih Sehat Menikmati Apel

Buah apel.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Apel memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Konsumsi satu buah apel setiap hari dapat membuat tubuh lebih sehat dan menjauhkan Anda dari dokter.

Daftar Buah Penurun Kolesterol Usai Makan Daging di Idul Adha

Kini mengonsumsi apel juga bisa lebih nikmat dengan kombinasi makanan lain. Bahkan, beberapa makanan akan membuat apel bertambah kaya manfaatnya seperti yang dilansir laman Reader's Digest berikut.

Nikmati dengan teh hijau

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute of Food Research, ketika dikonsumsi bersamaan, antioksidan alami pada apel dan teh hijau bercampur untuk menangkal molekul pemicu timbulnya angiogenesis (proses pembentukan darah baru dari pembuluh darah yang sudah ada).

Angiogenesis diketahui dapat berperan dalam pembentukkan plak yang bisa membekukan arteri yang bisa memicu stroke dan serangan jantung. Tak hanya itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi apel dan teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol.

Benarkah Makan 1 Apel Sehari Bisa Buat Frekuensi ke Dokter Menurun? Ini Penjelasan Ahli

Mempengaruhi kebiasaan belanja

Sebuah penelitian dari Cornell University menunjukkan bahwa konsumsi apel sebelum berbelanja bisa mempengaruhi pemilihan barang yang akan dibeli. Penelitian dilakukan terhadap 120 orang partisipan dan mereka secara acak diberikan kue, apel dan tidak diberi apa-apa sebelum berbelanja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi apel sebelum berbelanja membeli buah 28 persen lebih banyak ketimbang mereka yang diberi kue dan angka ini 25 persen lebih banyak dibanding mereka yang tidak diberikan makanan apa-apa sama sekali.

Apel dan jeruk

Baik apel maupun jeruk keduanya memiliki manfaat positif bagi otak. Sebuah penelitian dilakukan oleh Cornell University menggunakan ekstrak kedua buah ini dan melihat pengaruhnya pada sel otak hewan. Hasil penemuan tersebut menunjukkan bahwa terdapat antioksidan khusus yang melindungi otak dari stres oksidatif, yaitu ketika kadar radikal bebas lebih tinggi dibanding zat penetralnya.

Para peneliti setuju bawah mengonsumsi buah segar seperti apel, jeruk dan pisang dapat melindungi otak dari kerusakan dan gangguan neurodegenratif seperti Alzheimer.

Konsumsi setelah masa siang

Apel terdiri dari pektin, yaitu serat larut yang dapat mengikat air dan menjadikannya ke dalam bentuk gel selama proses pencernaan berlangsung. Dengan demikian Anda akan merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, tekanan gula darah akan lebih stabil dibuatnya.

Apel dan cokelat

Apel memiliki kenadungan flavonoid yang tinggi disebut quercetin, sedangakan cokelat kaya akan flavonoid yang disebut catechin. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan ilmuan Italia, saat terjadi pembekuan darah atau kerusakan pada pembuluh darah,

Perlu diketahui, ketika pembuluh darah terganggu atau rusak, maka akan terjadi porduksi kolagen di dalam aliran darah yang menyebabkan trombosit darah menjadi terkonsentrasi dan menumpuk. Hal ini akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh arteri yang dapat memicu serangan jantung dan stroke.

Para peneliti menemukan bahwa ketika quercetin dan catechin disatukan, maka interaksi antara kolagen dan trombosit darah dapat dicegah, sehingga pembekuan darah dapat dihindari dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Apel dan keju

Mengunyah apel dapat menstimulasi produksi air liur. Air liur seperti yang diketahui berfungsi untuk mengusir partikel makanan dan bakteri yang menempel di mulut. Air liur juga memiliki alkaline yang bisa menetralkan keasaman pada plak penyebab gigi berlubang.

Keju memiliki kandungan tiramin yang tinggi. Tiramin merupakan senyawa yang mampu mengurangi asam pada plak. Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal General Dentistry pada 2013 dilakukan dengan melibatkan 68 partisipan. Mereka diminta untuk tidak menggosok gigi. Setelah dua hari, mereka diberikan keju, susu, atau yogurt. Mereka yang mengonsumsi keju memiliki plak lebih sedikit ketimbang mereka yang mengonsumsi susu atau yogurt.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya