Amankah Nanas Pink Dikonsumsi?
Jumat, 23 Desember 2016 | 12:53 WIB

Amankah Nanas Pink Dikonsumsi?

Kemunculan buah nanas berdaging pink ini jadi perdebatan.
Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni
Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Ilustrasi Buah Nanas Warna-warni

VIVA.co.id – Belum lama ini, industri makanan dihebohkan dengan kemunculan buah nanas dengan daging buah berwarna pink. Buah ini merupakan hasil modifikasi genetik.

Kemunculan nanas unik ini pun memunculkan perdebatan, apakah buah yang pada umumnya berwarna merah ini aman dimakan. Menyusul hal itu, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika akhirnya menyatakan nanas pink bisa dimakan.

FDA mengatakan, nanas merah muda, yang dibuat Del Monte Fresh Produce, hanya memiliki beberapa gen yang membuat daging nanas berwarna pink dan tetap manis.

"(Del Monte) Menyampaikan informasi kepada kami untuk menunjukkan bahwa daging nanas merah mudanya aman dan bergizi dibanding nanas pada umumnya," kata FDA.

Nanas pink Del Monte ini telah mengalami rekayasa genetika untuk menghasilkan tingkat enzim yang lebih rendah dari nanas konvensional dan mengkonversi pigmen merah muda.

Rekayasa genetika ini juga mengkonversi pigmen likopen merah muda ke pigmen beta karoten berwarna kuning. Likopen sendiri adalah pigmen yang membuat tomat merah dan semangka berwarna merah muda, sehingga umum dan aman dikonsumsi.

Nanas ini rencananya akan ditanam di Costa Rica, dan perusahaan ini akan memberinya label "Nanas Daging Merah Muda Super Manis". FDA sendiri selama setahun belakangan telah mengatakan bahwa rekayasa genetik pada tanaman aman, dan tidak perlu label apapun, meskipun tetap dibutuhkan label untuk payung hukum.

loading...
Muat Lainnya...