Hindari Risiko Cedera, IKEA Tarik Produk Kursi Pantai

IKEA Alam Sutera.
Sumber :
  • VIVAnews/Riska Herliafifah

VIVA.co.id – Peritel perabot rumah tangga dari Swedia, IKEA menarik kembali salah satu produk kursi mereka yang dinamakan MYSINGSÖ. Para pelanggan yang telah membeli kursi pantai itu sebelum bulan Februari 2017 juga diminta untuk mengembalikan produk tersebut ke semua toko IKEA untuk mendapatkan pengembalian harga berupa voucher.

Di Hadapan Prabowo, AHY Cerita Demokrat Kehilangan Kursi di DPR Gegara Marak Politik Uang

Itu dikarenakan telah terjadinya sejumlah insiden yang menyebabkan pengguna terjatuh atau terjepit jarinya.

"Setelah mencuci kain dudukan, sangatlah mungkin untuk merakit ulang kursi dengan tidak benar yang mengarah pada risiko terjatuh atau terjepitnya jari pengguna," demikian pernyataan resmi IKEA, menurut rilis yang diterima VIVA.co.id, Rabu, 25 Januari 2017.

MK Siapkan Kursi untuk Anies, Prabowo dan Ganjar di Sidang Sengketa Pilpres

IKEA sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima lima laporan insiden terkait kursi pantai MYSINGSÖ yang terjatuh saat diduduki akibat perakitan produk yang salah.

Lima kejadian tersebut menyebabkan cedera pada jari dan membutuhkan penanganan medis. Cedera yang dilaporkan itu terjadi di Finlandia, Jerman, Amerika Serikat, Denmark dan Australia.

Elite Golkar Sebut Ketua DPR Belum Tentu dari PDIP

Pihak IKEA mengatakan, produk yang aman adalah prioritas utama bagi mereka dan semua produk mereka harus sesuai dengan hukum internasional dan nasional serta standar yang relevan.

Kursi pantai MYSINGSÖ sendiri telah melalui uji mekanik, uji kain dan uji kimia yang relevan dengan hasil yang telah disetujui.

Setelah menerima laporan tersebut, investigasi menyeluruh mulai dilakukan.

"Investigasi ini mengarahkan pada kesimpulan bahwa desain produk harus ditingkatkan untuk lebih mengurangi resiko kesalahan saat perakitan dan cedera," begitu pernyataan pihak IKEA.

Bagi pelanggan yang ingin mengembalikan kursi tersebut, tidak diperlukan bukti pembayaran atau struk pembelian sebagai prasyarat penggantian voucher.

Rencananya, kursi versi terbaru akan tersedia di toko-toko IKEA di seluruh dunia mulai bulan Februari 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya