Festival Durian di Semarang Catatkan Rekor Fantastis

Wali Kota Semarang meninjau stand durian unggul
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Kegiatan Semarang Festival Durian 2017 yang berlangsung selama tiga hari sejak 24-26 Februari 2017 mencatatkan rekor penjualan fantastis. Penjualan durian lokal yang berlokasi di kawasan wisata Waduk Jatibarang itu mencapai Rp6,8 miliar.

Durian Siboli Kendal Juara Festival Durian Semarang 2024, Dilelang Laku Rp235 Ribu

"Penutupan festival durian sampai pukul 15.00 WIB kemarin. Total transaksi mencapai 45.130 buah durian yang terjual atau setara dengan senilai Rp6,8 miliar," ucap Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang, Rusdiana, Senin, 27 Februari 2017.

Penjualan fantastis buah berkulit duri itu, lanjut Rusdiana, karena antusiasme pengunjung yang datang untuk mencicip durian lokal khas Semarang tersebut.  Jika diasumsikan, satu buah durian dipatok harga Rp150 ribu. Panitia sendiri menyediakan 60.000 durian unggulan.

Festival Durian Khatulistiwa Kenalkan 12 Varietas Unggul dari Kalbar

"Total pengunjung mencapai 22.000 selama tiga hari. Untuk transaksi stan kulinernya mencapai Rp57 juta," kata dia.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik gelaran Semarang Festival Durian 2017 yang mencapai kesuksesan tersebut. Menurutnya, pemerintah kota Semarang sengaja memperkenalkan ragam varietas durian yang telah dipanen para petani setempat agar durian Semarang bisa dikenal secara nasional.

Mencicip Manis Legitnya Durian Slumbung

“Festival durian ini harus diteruskan supaya para petani di Kota Semarang tertantang untuk membudidayakan buah durian dengan kualitas terbaik, " katanya.

Pihaknya berharap setelah bursa dan lomba durian ini, lanjutnya, durian-durian yang terbaik dapat segera dibudidayakan sehingga dapat di jual dengan partai besar.

"Melalui festival durian ini, harapannya Durian-durian unggul yang menang hari ini harus menjadi ikon Kota Semarang serta petaninya dapat menjadi lebih sejahtera," kata pria yang akrab disapa Hendi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya