Beda Keju Mozzarella dan String Cheese yang Dianggap Serupa

Keju.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Meski banyak yang mengaku pencinta keju, tapi tentu tidak mudah mengenali dan mengetahui setiap jenis keju beserta nama dan juga ciri khasnya. Ya, keju memang memiliki berbagai jenis mulai dari chedar, mozzarella, hingga camembert. 

Jangan Salah, Memotong Keju Ada Aturannya

Salah satu yang terkenal belakangan ialah mozzarella. Di balik kepopulerannya tersebut, ternyata keju ini memiliki kemiripan dengan string cheese. Dan seringkali banyak yang tidak tahu di mana perbedaannya. 

Jim Wallace dari New England Cheese Supply Company meyakinkan, bahwa string cheese sebenarnya juga keju mozzarella. Keji itu dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang sama yaitu susu, culture dan rennet yang sama.

Minum Wine dengan Gelas Keju, Bayar Rp67 Juta

Seperti dilansir dari laman Huffington Post, string cheese tidak dapat dibuat dengan menggunakan proses keju lainnya selain dari mozzarella, karena mozzarella adalah satu-satunya keju dengan kualitas kulit-terpisah, kata Brian Baker, presiden perusahaan string cheese dan pemenang penghargaan Baker keju. Lantas apa beda dari kedua keji tersebut?

Wallace dan Baker menjelaskan bahwa titik perbedaannya ialah pada suatu proses dan penyelarasan protein. Ketika membuat keju mozzarella, dadih keju dipanaskan sampai mencair. Semua bahan bersama-sama menjadi satu massa keju cair kohesif.

Mengolah Masakan dengan Keju Supaya Lebih Nikmat

Pemanasan ini mulai menggerakkan beberapa protein susu ke proses penyelarasan. Setelah dadih meleleh, mozzarella biasanya sering ditekan menjadi blok atau digulung menjadi bola. Pada titik ini, mozzarella memiliki kualitas yang bisa dikupas

Untuk mengubah mozzarella menjadi string cheese, keju ini akan terus ditekan dan dipipihkan Hal ini secara tradisional dilakukan dengan tangan, tapi sekarang dalam proses produksi massal, dilakukan secara mekanik. Baker mengatakan peregangan dan membentuk keju ke dalam bentuk tali menyejajarkan protein susu, membuat keju ini berbeda dengan mozzarella.

Launching produk Emina

Varian Keju Ini Hadirkan Sensasi Berbeda, Mudah Meleleh dan Lembut

Emina Cheese Mozza hadir dengan keju formula terbaru yang lebih mudah meleleh, dan juga memiliki rasa gurih dengan tekstur yang lembut.

img_title
VIVA.co.id
17 November 2022