Studi: Makan Keju Bikin Langsing

Keju
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Kabar gembira bagi penggemar keju. Produk olahan susu satu ini ternyata mampu menjaga berat badan Anda.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Menurut studi yang belum lama ini dilakukan oleh para peneliti di University College Dubline, Irlandia, pemakan keju umumnya lebih langsing dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi keju.

Ya, ternyata keju tidak meningkatkan tingkat kolesterol tubuh. Demikian seperti dilansir dari laman Metro.co.uk.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Selain itu, peneliti mencatat bahwa orang yang mengonsumsi susu dan produk olahan susu dalam jumlah yang moderat sehari-harinya cenderung lebih sehat.

Studi tersebut meneliti dampak dari asupan produk olahan susu, termasuk susu, kejum yoghurt, mentega dan krim, pada 1.500 orang berusia 18 hingga 90 tahun.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi produk olahan susu memiliki indeks massa tubuh, persentase lemak dan tekanan darah yang lebih rendah, serta ukuran pinggang yang lebih kecil.

Tak hanya itu, mereka yang mengonsumsi produk susu rendah lemak justru cenderung memilki tingkat kolesterol yang tinggi.

Studi ini membuktikan bahwa lemak yang ditemukan di dalam keju tidak meningkatkan tingkat kolesterol, karena paket nutrisi unik yang terkandung di dalamnya.

"Apa yang kami lihat pada pemakan keju adalah mereka memiliki asupan lemak jenuh yang lebih tinggi secara signifikan, dibanding mereka yang tidak mengonsumsi keju," ujar ketua penulis studi, Dr Emma Feeney.

Ia juga menambahkan bahwa Anda sebaiknya tidak melihat kandungan di dalam makanan saja, namun juga kombinasi makanan dan pola diet.

"Jadi jangan bukan hanya tentang makanan, tapi pola makanan lain yang kita konsumsi dengan makanan tersebut," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya