Menikmati Kuliner Singapura di Restoran Beken Zaman 90-an

Nasi Ayam Hainan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Nasi ayam, atau yang di negara asalnya, Singapura, disebut sebagai nasi hainan, sudah menjadi makanan wajib dicoba, saat berkunjung ke negara dengan ikon Singa tersebut. Di Indonesia, sejumlah restoran juga menyajikan nasi hainan sebagai menunya, seperti yang berikut ini, misalnya. 

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Berdiri sejak 1988, restoran ini sempat menjadi ikon di kalangan masyarakat Ibu kota yang ingin disebut keren hingga prestisius. Chatter Box, restoran masakan Singapura ini sempat jadi primadona kuliner sekaligus tempat nongkrong. Sayangnya, semakin banyak pilihan menu selain kuliner Singapura, justru sempat membuat restoran ini seakan tidak berjalan di rel yang benar. 

Kini, tepatnya sejak dua tahun lalu, restoran yang biasanya berdekatan dengan lokasi Sogo di Plaza Senayan, Jakarta, itu mulai fokus pada menu otentik Singapura. Meski jumlah pilihan menunya terbilang tidak begitu banyak, namun soal rasa, jangan ditanya lagi. Pengalaman selama bertahun-tahun tidak bisa dibohongi. 

Resto Ini Sajikan Menu Hotpot dan Nasi Goreng Durian, Apa Rasanya?

"Sampai tahun 2000 masih happening. Zaman dulu kalau makan di sini sudah gaya, sudah keren. Dari sekian tahun manajemen ganti, ditambahin (menu) jadi enggak ada arah. So, dua tahun lalu slim down, yang enggak sesuai FnB Singapura," kata Brand Manager PT Sari Boga Lestari, Brian Suleman, yang ditemui di Plaza Senayan, Jakarta. 

Laksa

Menikmati Jumbo Chili Crab di Singapura yang Bikin Nagih

Meski sedikit, menu yang ditawarkan otentik Singapura, seperti hainan, laksa, dan kwetiau. Porsi sajinya pun cukup besar dengan rasa yang lezat.

Beberapa menu andalan di restoran yang sempat berdiri dengan nama Lotus Garden ini, antara lain Hainanese Chicken Rice, Char Kway Teow, Singapore Laksa, Chicken Wonton Soup, Wok Fried Hor Fun, Rojak Chatterbox, Braised Soy Silk Tofu, dan untuk dessert-nya adalah Es Kacang. 

Hainanese Chicken Rice misalnya, disajikan dengan suhu ruang, seperti hidangan aslinya yang ada di Singapura. Tidak terlalu panas, atau dingin. Rasa empuk dari daging ayam ditambah nasi dengan rasa gurih akan memanjakan lidah ada. 

Chicken Wonton Soup

Ingin coba yang segar, cicipi Chicken Wonton Soup, atau Singapore Laksa. Kuah gurih dari chicken wonton soup berpadu lezat dengan pangsit (wonton). Sedangkan laksanya sendiri memiliki rasa kuah santan berbumbu yang bersih dan menyegarkan. Jangan lewatkan laksa dari restoran ini. 

Rojak Chatterbox

Buat kalian yang suka makan rujak, di sini tersedia Rojak Chatterbox. Di dalamnya ada potongan nanas, bengkoang, timun, taoge, tahu, dan cakwe. Semuanya dicampur dalam bumbu kental dengan rasa kecombrang yang menonjol. 

Es Kacang

Sebagai penutup, jangan lupa memesan nikmatnya es kacang khas Singapura. Kalau belum sempat berkunjung ke negara yang terkenal dengan Pulau Sentosa ini, sempatkan mengunjungi restoran ini untuk mencicipi kelezatan olahan makanan otentik Singapura.

Info Restoran 
Chatter Box
Plaza Senayan lt.5

Harga         : Rp30.000-139.000
Kapasitas  : 167 orang
Fasilitas     : private room
Jam buka  : 10.00-22.00 (menyesuaikan mal)
 

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya