Cantiknya Kreasi Kuliner Bunga dari Cokelat

Pot bunga dari cokelat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Aneka inovasi dalam dunia kuliner semakin memudahkan para penggiat kuliner mengembangkan kreativitasnya. Kali ini, kreativitas tersebut dituangkan dalam lelehan cokelat beku yang dibentuk menjadi bunga-bunga cantik.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Dalam rangka keikutsertaannya dalam pameran Food and Hotel Indonesia (FHI) 2017, Tulip Chocolate menyuguhkan beragam display unik untuk menarik perhatian pengunjung pameran. Salah satunya adalah aneka bunga cantik beragam warna yang seluruh bagiannya terbuat dari cokelat.

Jika dilihat sekilas, bunga-bunga ini tampak seperti bunga plastik yang dicat mengkilap. Ternyata tidak, bunga ini terbuat dari bahan yang bisa dimakan.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Ade Irwan, salah satu juru masak dari Tulip Chocolate yang terlibat dalam pembuatan 40-an bunga cokelat mengaku, produksi bunga ini terbilang singkat. Hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk 'menumbuhkan' bunga di dalam pot-pot tersebut.

"Sebentar sih, enggak lama, cuma sekitar 1,5 jam. Kita bikin petal (kelopak) dulu, daun, baru pot," kata dia saat ditemui di booth pameran Tulip Chocolate di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 5 April 2017.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

Ia juga membutuhkan 3,5 kilogram cokelat. Bunga-bunga cantik tersebut dibuat dengan menggunakan chocolate compound yaitu coklat imitasi yang terbuat dari kelapa sawit yang difermentasi. Namun, dari rasa dan baunya, cokelat ini mirip dengan cokleat asli yang terbuat dari cocoa butter.

"Kalau dekorasi kita pakai compound tapi kalau cake pakai couverture karena taste-nya juga bagus," ucap Ade.

Sayangnya, bunga-bunga cantik ini tidak dijual. Tulip Chocolate hanya menjual aneka produk cokelat, mulai dari cokelat asli hingga buatan kualitas premium dengan harga sekitar Rp500 ribuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya