Bahaya Mengintai di Balik Konsumsi Roti Berjamur

Roti berjamur/Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Roti yang disimpan terlalu lama seringkali ditumbuhi jamur di permukaannya. Banyak orang yang memilih untuk mengacuhkan jamur di roti, membuang bagian berjamur dan memakan sisanya. Namun, kebiasaan ini ternyata memiliki bahaya kesehatan.

Mirip Orang Indonesia, Ini 10 Kebiasaan Unik Orang Rusia

Menurut seorang profesor mikrobiologi, Randy Worobo, ada beberapa jenis jamur yang bisa tumbuh di roti. Sayangnya, mereka yang bukan ahli mikrobiologi tidak bisa membedakan jenis-jenis jamur tersebut.

Menurutnya, ada beberapa jenis jamur yang beracun yang jika dikonsumsi bisa mengganggu sistem pernapasan Anda. Jamur tersebut misalnya adalah stachybotrys, yang bisa tumbuh di roti dan jika dikonsumsi, mulut, tenggorokan, serta hidung bisa menjadi iritasi dan bahkan dapat menimbulkan syok.

Bagaimana Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Sebabkan Harga Roti Naik

Tak hanya dikonsumsi, bahkan menghirup spora jamur itu juga dapat mengganggu sistem pernapasan Anda. Demikian dilansir dari laman Food Beast.

Kasus lainnya, kebiasaan mengonsumsi roti berjamur bisa berujung pada penyakit kanker. Ada sejumlah jamur tertentu yang menciptakan mycotoxin yang membawa zat penyebab kanker, karsinogen.

5 Menu Sarapan Roti Lezat Khas Berbagai Negara

Namun, Anda tak perlu takut, karena itu hal terburuk yang mungkin terjadi, dan kasusnya terbilang sangat jarang terjadi.

Ilustrasi makanan berjamur.

7 Alasan Mengapa Makanan Bisa Berjamur

Makanan yang berjamur seringkali menjadi penyebab kekhawatiran dan memicu pemborosan makanan. Proses pembentukan jamur pada makanan melibatkan berbagai faktor antara lain

img_title
VIVA.co.id
31 Agustus 2023