Sate Susu Khas Bali, Cocok untuk Sahur dan Berbuka

Sate susu sapi, khas Denpasar
Sumber :
  • Bobby Andalan/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Berkesempatan menjalani Ramadan di Bali? Tak ada salahnya jika Anda berburu penganan khas yang disajikan tiap Ramadan tiba.

Sate Susu Sapi, Makanan Khas Denpasar di Bulan Ramadhan

Namanya sate susu, makanan ini memang menjadi salah satu yang paling banyak dijual menjelang berbuka puasa. Salah satu lokasi yang marak menjual menu kuliner ini adalah di Kampung Jawa, tepatnya di samping Masjid Baiturrahman di Jalan Ahmad Yani Denpasar.

Setiap tahun, wilayah yang disebut kampung Ramadan itu banyak menyajikan menu untuk berbuka puasa. Mulai dari menu makanan ringan hingga menu makanan berat yang bagi Anda yang tak memiliki waktu untuk memasak.

Liburan Akhir Tahun di Bali? 7 Kuliner Halal Ini Aman Dinikmati

Siti Fatimah, salah satu penjual sate susu di Kampung Jawa, mengatakan , sate ini menjadi menu berbuka puasa.

Ia mengaku telah lima tahun belakangan selalu menyajikan sate susu setiap Ramadan. Fatimah tak tahu betul kapan sate susu disajikan sebagai penganan khas berbuka puasa. Yang pasti, sejak ia kecil sudah mengenal sate susu ini. "Sudah dari dulu ini (sate susu) sudah ada," ujarnya kepada VIVA.co.id pada Senin 29 Mei 2017.

Lumer dan Empuk, Cicip Legitnya Pia Kukus Khas Bali

Sate susu berbahan dasar daging puting susu sapi yang bertekstur kenyal dan nikmat sebagai makanan buka puasa. Tidak seperti sate ayam yang umumnya menggunakan bumbu kacang, sate susu ini disajikan dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kunyit, jahe, ketumbar, garam dan gula pasir.

Selain itu, daging puting susu sebelumnya direbus bersama santan hingga empuk. Setelah empuk, daging puting susu yang sudah ditusuk-tusuk kemudian dibakar dan disajikan dengan siraman bumbu rempah yang telah di goreng dan dihaluskan.

Sate susu di Bali.

Sate Susu, Kuliner Paling Viral saat Ramadhan di Bali

 Sate susu menjadi menu yang selalu muncul saat bulan Ramadhan di Bali, khususnya Kampung Muslim Wanasari Denpasar.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2022