Kenali Ciri Bakso Berkualitas dan Bebas Formalin

Bakso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Bakso bisa dibilang salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tak hanya disajikan sebagai menu utama, bakso juga seringkali dipakai untuk kombinasi demi menambah lezat sebuah hidangan.  

Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Tapi, tidak semua bakso memiliki kualitas dan gizi yang baik. Banyak sekali beredar di pasaran bakso berkualitas buruk, bahkan mengandung zat-zat kimia berbahaya. Untuk itu, penting mengetahui cara tepat memilih bakso berkualitas.

Mumu Alqodir, General Manager Operation PT.Sumber Prima Anugerah Abadi (Bakso Sumber Selera), memberikan tips tentang memilih bakso yang berkualitas untuk dihidangkan di rumah. Menurut dia, hal pertama yang harus diperhatikan ialah warnanya. Bakso berkualitas, kata Mumu, memiliki warna yang cenderung abu-abu.

5 Manusia Silver asal Sidoharjo Diamankan di Bali

"Bakso dengan warna abu-abu menandakan menggunakan daging sapi dalam jumlah cukup banyak. Sementara bakso yang warnanya pucat tandanya banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lain," kata Mumu dalam program bertajuk ‘Berbagi Kelezatan di Bulan Suci Ramadan’, di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin, 5 Juni 2017.

Menurut Mumu, bakso yang baik, menggunakan daging segar dan tanpa pengawet memiliki warna lebih gelap, biasanya berwarna abu-abu. Warna yang gelap mengindikasikan bahwa bakso tersebut menggunakan lebih banyak daging ketimbang bahan lain.   

Viral Emak-emak Pakai Logat Madura Jualan Bakso Kaki Lima di Mekkah

Selain itu, kata Mumu, yang harus juga diperhatikan ialah tingkat kekenyalannya. Tingkat kekenyalan bakso tergantung kualitas daging sapi yang digunakan.

"Kalau kualitas daging sapinya bagus maka bakso akan terasa kenyal dan bertekstur garing. Sementara kalau terlalu banyak tepung maka akan bertekstur cenderung kenyal namun keras.

Hal terakhir yang harus diperhatikan ialah daya tahan bakso. Bakso termasuk produk pangan yang berpotensi mendapat campuran bahan kimia.

"Idealnya, bakso yang sehat akan bertahan selama kurang lebih empat hari di suhu ruang. Sementara jika masuk ke dalam lemari es atau chiller bisa kuat hingga seminggu. Lain lagi jika disimpan dalam suhu beku maka bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya