Mi Instan Korea yang Ditarik Tak Punya Sertifikat Halal MUI

Mi instan mengandung babi.
Sumber :
  • Twitter BPOM

VIVA.co.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beberapa hari lalu mendeteksi empat produk mi instan asal Korea yang positif mengandung fragmen DNA spesifik babi. BPOM langsung mengeluarkan surat edaran untuk menarik seluruh produk itu dari pasaran, lantaran tidak mencantumkan informasi mengenai penggunaan babi dalam label kemasannya.

Sering Makan Mi Instan? Hati-hati, Ginjalmu Bisa Bermasalah!

Keempat produk tersebut antara lain, Samyang dengan nama produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mie Instan Rasa Kimchi dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen.

Majelis Ulama Indonesia juga telah memastikan bahwa empat produk tadi tidak memiliki sertifikasi halal dari LPPOM-MUI. Dalam hal ini, MUI pun mendukung langkah-langkah BPOM, yang meminta kepada importir untuk segera menarik kembali produknya dari pasaran, dan melakukan inspeksi untuk memastikan produk mi ini tak ada lagi di pasaran.

TERPOPULER: Kisah Mualaf Cucu Gubernur Sumbar Hingga Larangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur

"MUI juga mendukung langkah BPOM untuk segera mencabut izin edar empat produk mi instan asal Korea ini," ujar Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, dalam rilis yang diterima VIVA.co.id, Senin, 19 Juni 2017.

Tak hanya itu, MUI juga meminta kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas masalah ini. Jika ditemukan ada unsur pelanggaran hukum maka, harus dilakukan tindakan hukum kepada semua pihak yang bertanggung jawab.

Jangan Konsumsi Mie Instan Saat Sahur, Kenapa? Simak Ini penjelasannya

Sedangkan masyarakat khususnya umat Islam sendiri diimbau untuk berhati-hati dalam membeli produk makanan olahan.

"Harus cermat membaca ingredient atau daftar ramuan makanan yang tertulis di bungkus kemasan pada setiap produk makanan, agar tidak tertipu oleh produk makanan yang mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh agama," ucapnya.

Ilustrasi mie instan.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mie instan adalah makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, hal ini kurang baik untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024