8 Menu Es Kopi Paling Favorit di Dunia

Ilustrasi es kopi.
Sumber :
  • Pixabay/bcna9

VIVA.co.id – Kopi, siapa yang tak suka. Setiap negara penghasil kopi memiliki ciri khas dan aroma biji kopinya tersendiri. Tak hanya jenis dan aromanya, minuman kopi juga sangat digemari. Tak hanya di seduh, segelas kopi bisa di campur dengan susu atau krim dan disajikan dengan es.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Penyajian es kopi dari seluruh dunia juga berbeda-beda. Berikut ini, ragam sajian es kopi di seluruh dunia. Seperti dilansir dari laman Huffingtonpost.

Frappe, Yunani

Mulai Peduli Kesehatan, Muncul Lagi Golongan Coffee Snob yang Ogah Pakai Gula

Yunani membuktikan bahwa ada waktu dan tempat untuk menyantap kopi. Frappe Yunani, secara tradisional dibuat dengan kopi instan, air, dan susu, dikocok dan disajikan bersama es dan gula secukupnya. Ini sangat cocok dinikmati saat sore hari yang cukup melelahkan dengan segala aktivitas.

Aisu kohi, Jepang

Prabowo Sempatkan Waktu Ngopi Bareng Relawan dan Warga Aceh: Luar Biasa Rasanya

Untuk membuat kopi es Jepang ini cukup mudah. Kopi diseduh bersamaan dengan es, dengan efisien, cara ini menciptakan rasa yang kompleks yang tidak bisa diraih dengan minuman dingin lainnya.

Oliang, Thailand

Kopi es tradisional Thailand diseduh dengan kacang kedelai, wijen, dan jagung. Itulah yang memberinya sangat spesial. Kemudian, kopi tersebut disajikan dengan es dan susu kental manis atau susu evaporasi dengan sirup sederhana.

Ca phe da, Vietnam

Es kopi Vietnam ini disajikan sederhana hanya kopi kental dikocok dengan susu kental manis. Meskipun terkesan sederhana, namun aroma seduhan kopi khas Vietnam masih terasa meskipun sudah tercampur susu kental manis.

Mocha cola, Brasil

Mocha cola adalah campuran yang unik. Kopi, cokelat dan air soda. Selain itu, beberapa tempat menyajikan Mocha cola juga bersama coca-cola, sehingga menghasilkan sensasi kafein dua kali lipat. Untuk menambah nikmat, mocha cola disajikan dingin dengan whipped cream di atasnya.

Yuanyang, Hong Kong

Tak berbeda seperti di Thailand dan Vietnam, kopi dingin di Hong Kong juga disajikan bersamaan dengan susu, kopi, dan teh.

Affogato, Italia

Es kopi ala Italia ini berupa espresso kental yang disajikan bersama es krim vanila.

Eiskaffee, Jerman

Italia mungkin memiliki affogato, tapi Jerman memiliki Eiskaffee. Es ini adalah kopi khas Jerman dengan aroma kuat yang disajikan bersama es krim, coklat parut, krim kocok, dan kue wafer mewah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya