Trik Hilangkan Sisa Pestisida pada Sayur dan Buah

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengonsumsi buah langsung setelah dibeli tidaklah aman. Karena, ketika buah sampai ke tangan kita, lapisan bakteri, pestisida, dan pupuk, sudah menumpuk di permukaan.

Atasi Encok dengan Konsumsi Buah dan Sayuran Ini Tiap Hari

Berikut ini adalah cara menghilangkan kontaminasi tersebut dan membuat buah maupun sayur aman untuk dikonsumsi seperti dilansir laman Times of India.

Bersihkan dengan teliti

Tips Mudah Biasakan Anak Makan Sayur dan Buah

Membersihkan buah dan sayur dengan seksama akan membantu menghilangkan tumpukan kotoran di permukaannya. Sayuran seperti kentang biasanya terdapat sisa tanah di kulitnya, untuk itu, cucilah menggunakan air dingin dengan tangan yang lembut gosok sisa kotoran yang tertinggal.

Air garam

Lima Buah dan Sayuran Ini Mampu Bersihkan Organ Hati

Merendam buah dan sayur dalam air garam dapat menghilangkan kotoran berikut dengan bahan-bahan kimia dan pestisida yang menempel. Garam dapat mencegah bakteri berkembang biak dengan mematikannya.

Mengupas kulit

Banyak sayur dan buah yang memiliki kulit yang banyak terdapat tumpukan kotoran atau kulitnya tebal. Jadi, cara terbaik menghilangkan zat kimia yang menempel di kulitnya adalah dengan mengupasnya. Dengan cara ini Anda juga bisa menghilangkan lapisan kimia di atasnya.

Dikelantang

Ini merupakan proses memasak orang Perancis di mana buah dan sayur dipaparkan pada suhu yang ekstrem. Kelantang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan zat kimia dan pestisida. Untuk mengelantang buah atau sayur, panaskan air, rendam bahan makanan dalam air ini selama 15 detik hingga satu menit (tergantung pada jenis sayurannya). Kemudian pindahkan ke mangkuk berisi air es.

Lemon atau asam sitrus

Lemon atau cairan asam sitrus yang dicampur dengan air merupakan antimikroba. Jadi, larutan ini bisa membasmi kuman dan bakteri yang ada pada sayur dan buah

Menghilangkan lapisan lilin

Buah yang paling sering memiliki lapisan lilin adalah apel. Cara mudah mengetahui adanya lapisan lilin adalah dengan menggoresnya menggunakan pisau atau kuku. Di pasaran, tersedia sikat makanan yang bisa digunakan untuk menghilangkan lapisan lilin ini.

Membuat semprotan sendiri

Menyediakan cairan semprotan di rumah menjadi salah satu cara ekonomis untuk membersihkan buah dan sayur dari zat kimia. Yang Anda butuhkan adalah perasan lemon, soda kue, dan air. Campurkan semuanya lalu semprotkan pada buah atau sayur. Diamkan 8-10 menit dan bilas.

Air kunyit

Cara ini merupakan cara India kuno dalam membersihkan kotoran dan bakteri dari bahan makanan. Larutkan satu sendok teh kunyit bubuk dan rendam sayur atau buah ke dalamnya.

Air cuka

Metode ini dilakukan dengan cara mencampur 10 persen cuka dan 90 persen air. Setelah larutan siap, rendam buah atau sayur di dalamnya selama 15-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Cuka dapat menghilang residu pestisida, tapi tidak bisa menghilangkan pestisida secara total. Perlu dicatat, jangan lakukan metode ini pada buah yang rapuh seperti buah-buahan berry. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya