Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Minggu, 16 Juli 2017 | 04:30 WIB
  • Terungkap Bahan yang Bikin Nikmat Kentang Goreng McDonald's

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Adinda Permatasari
Mcdonalds mengancam menarik diri sebagai sponsor Piala Dunia 2018
Photo :
  • LinkedIn
Mcdonalds mengancam menarik diri sebagai sponsor Piala Dunia 2018

VIVA.co.id – Kentang goreng yang banyak digemari ini memiliki bahan rahasia yang sangat sedikit diketahui orang. Bahan ini diketahui yang membuat kentang goreng gerai makanan cepat saji ini begitu digemari banyak orang.

Dilansir laman The Independent, bahan kunci yang ditambahkan ke dalam kentang goreng yang dijual di seluruh gerainya di dunia adalah 'rasa sapi alami'.

Di dalam situs perusahaan itu, rasa yang didaftar tersebut mengandung gandum yang terhidrolisa dan susu terhidrolisa sebagai bahan pemula. Di dalam proses hidrolisasi gandum dan susu, protein dipecah dengan air dan rasa umami yang dihasilkan menambah rasa daging ke dalam kentang goreng.

Perusahaan makanan cepat saji itu membuat kentang goreng dari kentang utuh yang dikupas, potong, digoreng sebagian dan dikemas kemudian dikirim ke gerai-gerainya. Kentang-kentang itu digoreng terlebih dahulu di pabrik dan digoreng di cabang restoran masing-masing.

"Setelah kentang dipotong, kami memasukkannya ke alat kelantang untuk menghilangkan gula alaminya," ujar Mario Dupuis, manajer produksi dari McCain yang menyuplai kentang untuk McDonald's Kanada.

Setelah dikelantang, lanjut Dupuis, kentang ditambahkan cairan dekstrosa untuk mendapatkan lapisan yang bagus seperti yang terlihat di restorannya. McDonald's juga menambahkan sebuah bahan ke dalam potongan kentang untuk mencegah kentang berubah warna selama proses ini.

Perusahaan ini juga berjanji hanya menggunakan telur dari ayam yang tidak dimasukkan ke kandang sebelum tahun 2015. Kini mereka sudah membuat alat makan yang bisa didaur ulang di 1.400 cabang restorannya.

Bahan lain yang digunakan di dalam kentang goreng itu juga meliputi asam sodium pirofosfat untuk menjaga warnanya, minyak kedelai terhidrogenasi, dan garam untuk mengangkat rasa umaminya.

Kentang goreng