Ketahui Tips Aman Membeli Makanan Kemasan

Makanan kemasan dalam lemari pendingin supermarket.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Dalam memilih makanan, selama ini banyak masyarakat yang mengabaikan informasi dalam kemasan suatu produk. Padahal terdapat sejumlah informasi, seperti kandungan nilai gizi hingga cara pembuatan pada kemasan produk.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Terlebih ketika memilih makanan kemasan yang baik untuk anak, tentunya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan orangtua. Menurut dr Juwalita Surapsari M.Gizi, SpGK, hal mendasar yang wajib diperhatikan dalam membeli makanan kemasan bagi si kecil ialah sesuaikan dengan usia anak.

"Yang pertama peruntukan, jadi sesuaikan dengan usia si anak. Dalam kemasan ada informasi produsen dan konsumen harus sesuai dengan peruntukan usia," kata dia dalam Kampanye Pangan Aman Hidup Sehat oleh Nutricia Sarihusada di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 1 Agustus 2017.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Di samping itu, memperhatikan takaran saji dan cara penyajian juga dinilai penting. Bukan hanya agar tidak keliru dalam pembuatan, tetapi juga agar asupan yang terkandung di dalamnya benar-benar didapatkan.

 "Kita harus tahu takaran saji dan cara penyajian karena dengan mengikuti itu, memang ada porsi dalam mengatur nutrisi sehingga manfaatnya bisa kita dapat," kata Juwalita.

Aura Kasih Ungkap Rahasia Punya Body Goals hingga Dipuji Banyak Orang

Ia juga mengatakan karena banyak orang yang mengira mendapatkan sederet nutrisi dari makanan kemasan yang dikonsumsi, padahal cara penyajian atau memasaknya tidak sesuai dengan yang disarankan. Otomatis kandungan nutrisinya pun akan hilang.

"Beberapa nutrisi juga akan hilang dengan cara penyajian yang tidak benar. Makanya ini tugas kita untuk memahami setiap informasi dalam kemasan makanan,” lanjut Juwalita. (ren)

Ilustrasi makanan sehat.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Puasa ramadhan tidak hanya menjadi waktu untuk meningkatkan spiritualitas, tetapi juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan memilih takjil yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024