Makanan Ayam Ternyata Pengaruhi Warna Kuning Telur

Ilustrasi telur mentah.
Sumber :
  • pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Menyajikan makanan dengan tambahan telur utuh memang akan membuat makanan tersebut semakin mengundang untuk disantap. Warna kuning telur yang cerah dan bahkan terkadang berwarna oranye, pasti membuat siapapun tergiur.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Kuning telur memang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Namun, tahukah Anda apa yang membuat warna kuning telur begitu cantik?

Dilansir dari laman Metro.co.uk, Rabu, 2 Agustus 2017, warna kuning telur sebenarnya tergantung pada makanan yang dimakan ayam betina. Umumnya, mereka mengonsumsi rumput dan serangga kecil yang kaya akan karotenoid, pigmen warna kuning alami yang juga ditemukan di berbagai buah dan sayuran, seperti wortel dan ubi.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Meski begitu, beberapa produsen telur telah memanipulasi makanan yang diberikan pada ayam betina untuk meningkatkan warna kuning keemasan kuning telur yang dihasilkan. Mereka menambahkan bunga marigold ke dalam makanan ayam.

Sebenarnya tak ada bukti nyata yang mengatakan bahwa warna kuning telur memengaruhi cita rasa telur, namun tentu saja, semakin cantik warna kuning telur, maka semakin terlihat lezat dan bagus untuk difoto. (mus)

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik
Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Harga pangan terpantau masih mengalami kenaikan pada hari ini, Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024