Mulailah Memasak dengan Minyak Kelapa, Ini Manfaatnya

Minyak kelapa.
Sumber :
  • Pixabay/SchaOn

VIVA.co.id – Minyak kelapa selama ini lebih dikenal sebagai salah satu bahan alami yang membantu merawat kecantikan. Namun, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan untuk memasak makanan yang lebih sehat.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Perlu diketahui bahwa minyak kelapa mengandung rantai asam lemak medium (MCFAs) yang tinggi, yang digunakan hati sebagai sumber energi. Asam lemak ini juga akan meningkatkan kolesterol baik.

Nah, Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk memasak berbagai macam makanan. Anda bisa menjadikannya sebagai pengganti mentega di banyak resep makanan panggang hingga tumisan. Karena memiliki titik asap yang tinggi, minyak kelapa juga bisa Anda gunakan untuk menggoreng.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Berikut ini adalah beberapa kegunaan minyak kelapa dalam memasak, dilansir dari Huffington Post, Rabu, 2 Agustus 2017.

Memanggang

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Cara termudah untuk mulai memasak menggunakan minyak kelapa adalah ketika Anda memanggang makanan. Karena fungsi fisiknya sama dengan mentega, yakni padat saat dalam keadaan dingin dan meleleh saat dalam kondisi hangat, maka minyak kelapa sangat tepat Anda jadikan pengganti mentega dalam memanggang kue hingga biskuit.

Menggoreng

Karena mengandung lemak jenuh yang tinggi, minyak kelapa adalah minyak yang stabil. Minyak kelapa merupakan pilihan minyak yang alami untuk menggoreng karena memiliki titik asap yang tinggi. Untuk hasil makanan lebih renyah, pastikan Anda memanaskan minyak hingga suhu 176-190,5 celsius terlebih dahulu sebelum menggoreng.

Memasak makanan apapun dengan minyak kelapa sangatlah mudah, layaknya menggunakan minyak zaitun. Meski teksturnya padat ketika belum dipanaskan, minyak kelapa akan langsung meleleh saat menyentuh wajan hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya