Istilah 4 Sehat 5 Sempurna untuk Pedoman Gizi Sudah Usang

Hasil makanan cantik setelah difoto.
Sumber :
  • Pixabay/katjasv

VIVA.co.id – Dulu kita pasti sering mendengar istilah “4 sehat, 5 sempurna” sebagai pedoman asupan makanan dengan gizi seimbang. Tapi, perlu Anda tahu kalau istilah ini sudah tak lagi dipakai.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Kini, pemerintah telah mengeluarkan pedoman gizi yang lebih komprehensif yang disebut dengan Tumpeng Gizi Seimbang.

Menurut ahli gizi dr. Elvina Karyadi, M.Sc, Ph.D, SpGK, ini merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh. Pedoman gizi ini mencakup makronutrisi dan mikronutrisi.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Pedoman gizi seimbang ini ditopang oleh empat pilar, yaitu keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal.

"Bedanya dengan 4 sehat 5 sempurna, tumpeng gizi seimbang tidak hanya soal makanan, melainkan mengarus secara holistik dan komprehensif, sesuai kebutuhan masyarakat sekarang," kata Elvina kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

Saat ini, aktivitas fisik masyarakat sangat minim sekali. Karenanya, ini juga dimasukkan ke dalam tumpeng gizi.

Perbedaan lainnya adalah, pada 4 sehat 5 sempurna, susu disebutkan tersendiri. Sementara pada tumpeng gizi, susu dimasukkan ke dalam sumber protein hewani.

"Dahulu, asupan gizi jelek dan banyak penyakit infeksi kronis seperti TB, sehingga susu menjadi salah satu senjata yang sangat penting dalam pemenuhan nutrisi," imbuh Elvina.

Sementara sekarang, ragam makanan sudah sedemikian banyak, sehingga susu dimasukkan ke dalam golongan protein. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya