Tips Rahasia Membuat Roti Mengembang dan Lembut

Ilustrasi membuat kue/roti.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Membuat roti memang susah-susah gampang. Buku resep memang terlihat mudah diikuti, namun jika salah langkah hasilnya akan jadi bencana. Hasilnya menjadi keras atau bantat misalnya.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Untuk menghindari hal tersebut, Corporate Pastry Chef Bakerzin, Yusuf Robani, memberikan sedikit tips bagi Anda yang ingin membuat roti sendiri di rumah. Tips ini kata dia berangkat dari pengalamannya selama menjadi seorang pastry chef.

Menurut dia, saat membuat roti, jangan masukkan butter dan garam bersamaan dengan bahan adonan lain. Kedua bahan ini dicampur di saat-saat terakhir pengadonan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Roti itu identik dengan pengembang, agar roti enggak keras, kita kasih garam dan butter-nya terakhir karena garam dapat mengganggu yeast (ragi) yang lagi berkembang," kata dia saat ditemui di Bakerzin Plaza Senayan, Jakarta, Kamis, 10 Agustus 2017.

Jika dicampur bersamaan, fungsi ragi sebagai pengembang adonan tidak bekerja maksimal. Hasilnya roti akan menjadi keras atau bantat.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

"Kalau sudah tiga per empat kalis, baru masukkan butter dan garam, biar enggak mengganggu proses yeast yang sedang berkembang. Karena kalau yeast sudah tidur, mati karena garam, roti enggak akan mengembang sama sekali alias bantat," ujarnya.
 

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024