Benarkah Kodok Bisa Bikin Susu Tak Cepat Basi

Ilustrasi minum susu.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA.co.id – Ternyata ada cara aneh bin ajaib untuk menjaga susu tetap segar. Cara tersebut berasal dari cerita rakyat Rusia yang mengatakan bahwa kesegaran susu dapat dijaga dengan menggunakan kodok. Cara ini digunakan sebelum lemari pendingin ditemukan.

Terpopuler: Kaya atau Miskin Bisa Dilihat dari Wajah, Efek Samping Minum Susu saat Perut Kosong

Meskipun terdengar menggelikan dan mustahil, dilansir laman Daily Meal metode ini memiliki beberapa bukti ilmiah. Pertama, salah satu bentuk perlindungan utama hewan amfibi dari serangan bakteri dan mikroorganisme lain adalah dengan mengeluarkan senyawa anti mikroba bernama peptida. 

Ketika diteliti, kulit dari kodok coklat Rusia, jenis yang digunakan untuk mengawetkan susu, ditemukan 21 senyawa antibiotik di dalamnya. Beberapa di antara bahwa bermanfaat untuk melawan salmonella dan bakteri staphylococcus. 

Minum Susu Sapi di Pagi Hari saat Perut Kosong, Timbulkan 7 Efek Samping Berbahaya Ini

Tak hanya Rusia, Finlandia dikatakan juga pernah menggunakan metode yang sama. Tentunya sebelum ada lemari pendingin. 

Di belahan dunia lain, warga Roma dan Yunani kuno sudah mengenal es untuk mengawetkan persediaan makanan termasuk susu. Namun, hanya mereka yang kaya raya yang dapat menikmati 'teknologi' ini. Es tersebut dikubur bersama makanan dalam sebuah lubang di tanah dan kemudian ditutupi dengan serbuk gergaji.

Viral Orang Jual Jus Kodok Beracun untuk Efek Halusinogen Berujung Digerebek Polisi
Ilustrasi susu.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Susu nabati saat ini mulai diminati masyarakat tidak hanya bagi mereka yang intoleransi laktosa tapi juga mereka yang peduli akan kesehatan dan mulai hidup sehat.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024