Jelang Asian Games, Kopi Khas Sumsel Gencar Dipromosikan

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Jelang Asian Games 2018, Palembang, Sumatera Selatan, terus menggencarkan ragam suguhan menarik di kotanya. Salah satunya melalui suguhan promosi kopi yang mulai dibentuk untuk diperkenalkan ke khalayak nasional maupun Internasional.

Hapus Penat Selepas Kerja dengan Kesegaran Es Kopi Jadoel

Sejalan dengan dimulainya Kreatifood 2017, acara ini turut fokus memperkenalkan kopi khas Palembang. Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumsel, Irene Sinaga mengatakan, Palembang akan mulai membentuk branding untuk kopi-kopi miliknya.

"Branding kopi khas Sumatra Selatan harus diarahkan lebih muda dan kreatif. Selain itu, kami mulai perbaiki sistem pembentukan kopi melalui berbagai tahapannya," ujar Irene, ditemui usai pembukaan Kreatifood 2017, di Benteng Kuto Besak, Palembang, Selasa 22 Agustus 2017.

Tujuh Fakta tentang Kopi yang Mungkin Belum Anda Tahu

Menurut Irene, sistem pembentukan kopi sangat rumit, dimulai dari petani kopi, produsen, hingga barista yang menyajikannya. Untuk itu, Irene gencar melakukan perbaikan di tiap prosesnya agar mencapai merek kopi yang tepat dan kualitas terbaik.

"Sumsel memiliki banyak varian kopi yang bisa dinikmati. Tapi, kualitas kopi itu tergantung mulai dari petaninya, pemucuknya serta baristanya. Itu semua yang harus kita edukasi dan dilatih," katanya.

Menyesap Nikmatnya Kopi Lampung di Resto Instagramable

Untuk itu, promosi kopi khas Sumsel sudah mulai dilakukan secara besar-besaran. Terlebih, sudah ada barista lokal yang diberikan pelatihan untuk memperkuat kualitas kopi.

"Promosi kopi sudah dimulai dari kerja sama dengan bekraf untuk sertifikasi 100 barista di Sumsel. Mungkin ke depannya kita bisa perluas promosi kopi melalui perkebunan kopi yang dikembangkan.” (mus)

Festival kopi

Pecinta Kopi Semakin Dimanjakan dengan Festival Unik

Tak sekadar menjual minuman kopi.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2020