Manfaat Sehat Konsumsi Daging Kambing

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Hari Raya Idul Adha segera tiba. Jelang hari raya tersebut, tidak dipungkiri akan ada tumpukan daging sapi dan kambing untuk diolah dan dikonsumsi. Namun, seberapa sehat mengonsumsi daging kambing untuk tubuh?

Resep Krengseng Kambing, Menu Istimewa Idul Adha

Meski aroma daging kambing tak banyak yang suka, namun bagi mereka pencinta kuliner berbahan dasar daging kambing, pasti sangat menyukai olahannya. Apalagi jika diolah menjadi menu yang menggugah selera, siapapun mungkin tak akan bisa menolaknya. Rasanya yang nikmat dan lezat, membuat daging kambing  diminati. Selain lezat, daging kambing ternyata memiliki kandungan baik yang menyehatkan.

Berikut lima manfaat daging kambing bagi kesehatan, dikutip dari laman Draxe.

RESEP: Sate Sapi, Buat Nyate Malam Ini

1. Sumber zat besi

Sebagai salah satu jenis daging merah, daging kambing memiliki kadar zat besi yang lebih banyak dibanding daging ikan dan ayam. Terlebih, zat besi yang terkandung dalam daging kambing, sangat mudah diserap, yang dapat membantu meningkatkan kebutuhan zat besi di tubuh. Penyerapan zat besi yang baik, dibutuhkan tubuh agar dapat mengikat kebutuhan vitamin C yang telah dikonsumsi.

RESEP: Gulai Kambing Istimewa, Tak Sesulit yang Dibayangkan

2. Sistem saraf

Daging kambing mengandung vitamin B12, di mana dengan mengonsumsi tiga ons daging kambing, dapat memenuhi hampir semua kebutuhan vitamin B12 dalam tubuh. Kebutuhan vitamin B12 sangat penting, karena dapat menyehatkan sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

3. Daya tahan tubuh

Seng dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahankan sistem imun. Kebutuhan seng, ternyata bisa didapatkan dari daging kambing. Dengan mempertahankan sistem imun, maka mampu menjaga perkembangan tubuh serta menyembuhkan area yang sakit.

4. Lemak baik

Daging kambing memang mengandung lemak, salah satunya lemak baik dari omega-3. Kandungan omega-3 sangat berperan besar dalam tubuh, sebagai anti-inflamasi.

5. Protein

Penyajian satu hingga tiga ons daging kambing, dapat mengandung hampir 23 gram protein. Kebutuhan protein sangat besar untuk membantu tubuh memperbaiki kerusakan sistem serta menjaga ketahanan otot tubuh. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya