Heboh Gurita Tanpa Kepala Bergerak-gerak saat akan Dimakan

Odori-don di Jepang.
Sumber :
  • Instagram @ronomnom

VIVA.co.id – Baru-baru ini sebuah hidangan menggemparkan publik karena dinilai menjijikkan. Banyak pula orang yang menganggap hidangan tersebut cukup sadis dan tidak manusiawi.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Mungkin bisa dibilang hidangan tersebut merupakan salah satu kuliner ekstrem di dunia.

Namanya odori-don, yang terdiri dari semangkuk nasi yang disajikan dengan berbagai topping, seperti telur ikan, sayur-sayuran dan wasabi, kemudian diberi seekor gurita mentah tanpa kepala di atasnya.

Belasan Aktivis Greenpeace Indonesia Bawa Gurita ke Kolam Bundaran HI Sudah Dipulangkan Polisi

Hidangan yang namanya berarti 'dancing rice' atau 'nasi menari' tersebut disajikan oleh Hakodate, sebuah restoran di Hokkaido, Jepang. Odori-don viral di dunia maya setelah videonya diunggah oleh salah satu pelanggannya.

Dalam video tersebut terlihat gurita tanpa kepala yang ada di atas mangkuk nasi bergerak-gerak dan menggeliat saat diberi kecap asin, sekilas tampak seperti sedang menari.

Gurita Dumbo 'Hantu' Meluncur di Laut Dalam

Itu dikarenakan reaksi antara garam di dalam kecap asin dan reseptor kimia yang ada di tubuh gurita. Reseptor itu kemudian memicu kontraksi otot dan menyebabkan gurita bergerak-gerak di atas mangkuk. Demikian dilansir dari laman Food Beast, Senin, 4 September 2017.

Reseptor gurita masih bereaksi lantaran gurita masih hidup saat tubuhnya dipotong oleh sang juru masak. Gurita yang kepalanya sudah dipotong lantas disajikan mentah-mentah kepada pelanggan.

 

A post shared by rOni ?? (@ronomnom) on

Hidangan ini sebenarnya mirip dengan sannakji, kuliner khas Korea Selatan. Perbedaannya, sannakji tidak disajikan dengan nasi.

Hidangan yang disajikan mentah ini terdiri dari gurita kecil yang baru saja dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil. Saat dihidangkan, potongan-potongan tentakel gurita masih menggeliat di piring.

Ini karena gurita dipotong dalam keadaan masih hidup. Itulah sebabnya, gurita yang telah dipotong-potong harus dihidangkan segera, agar pelanggan dapat menyantap gurita dalam keadaan hidup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya