Sedapnya Soto Ayam Gombong, Jadi Incaran Pejabat

Soto ayam kampung Pak Min Gombong
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Bingung cari kuliner enak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah? Tak ada salahnya jika Anda singgah di warung Soto Pak Min di kecamatan Gombong. Dijamin lidah Anda akan rindu setelah mencoba masakan di warung ini.

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Ya, kuliner Soto Pak Min bukan sembarang masakan soto. Bahkan masakan warung ini memiliki perbedaan mencolok di banding soto lain pada umumnya. 

Memakai bahan dasar ayam kampung, Soto Pak Min memiliki tekstur berbeda dari warung lain. Perbedaan paling mencolok adalah kaldu soto yang cukup kental dengan aroma khas rempah-rempah.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Jika biasanya soto memakai nasi, warung Soto Pak Min memilih lontong serta perkedel, dan remukan kerupuk di dalam mangkok. Tentunya dengan bahan-bahan khas soto seperti mie putih, sayuran kubis, seledri serta bawang goreng.

Soto tanpa sambal memang kurang lengkap. Nah, di warung ini memilih sambal kacang sebagai penambah cita rasa. Maka saat semuanya tercampur, lidah akan merasakan tekstur lembut dengan rasa khas kaldu ayam yang dominan.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

"Kata pembeli yang bikin ketagihan adalah kaldunya. Memang saya sengaja buat kaldunya dengan 15 ekor ayam kampung. Itu resep yang bikin beda, " kata Parno, pedagang soto Pak Min kepada VIVA co.id, Minggu, 17 September 2017.

Resep tersebut, kata Parno, merupakan hasil kreativitasnya sendiri. Meskipun dirinya merupakan keturunan asli generasi kedua Soto Pak Min di Sukoharjo. Menurutnya, soto warungnya diadopsi dari perpaduan soto Solo, Semarang dan Yogyakarta. 

Di Gombong, pria 48 tahun itu telah berjualan sejak 1988 silam. Lokasinya pun tak pindah-pindah yakni di Jalan Gereja atau depan Rumah Sakit Palang Biru, kecamatan Gombong, Kebumen. Soto Gombong itu pun tak punya cabang di daerah lain.

Sejak awal berdiri warung Soto Pak Min Gombong tak pernah pindah lokasi. Meski warung sederhana pinggir jalan, namun warung yang buka tiap hari pukul 15.00 WIB sampai 23.00 WIB itu tak pernah sepi pembeli. 

"Langganan saya sudah tak terhitung ya. Dari Bupati Kebumen Bu Rustriningsih sampai Bupati sekarang, dan PNS lain selalu ke sini, " ujar Parno. 

Saking ramainya, Parno pun berjualan dengan manggandeng dua keluarganya untuk melayani pembeli. Soto Pak Min Gombong pun dijual cukup murah yakni Rp12 ribu per porsinya. 

Sedapnya rasa soto Gombong juga diakui oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Di sela kunjungannya ke Kebumen beberapa waktu lalu, Ganjar menyempatkan mampir di warung pinggir jalan itu. Ia juga merasakan sedapnya kuah kaldu khas soto Gombong.

"Saya itu suka kuliner, salah satunya soto. Nah saya penasaran katanya ada soto yang ramai dan paling laris. Maka saya coba, " kata Ganjar.

Gubernur berambut putih itu juga mengakui sedapnya soto milik Parno. Meskipun penyajianya ndeso, rasanya yang khas membuatnya ketagihan.

"Untuk kuliner, kalau saya bukan tempatnya tapi yang penting uenak-nya. Nah soto Gombong ini uenak," ujar mantan anggota DPR itu.

Soto ayam kampung Pak Min

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya