Tips Menjaga Spons Cuci Piring Tetap Bersih dan Bebas Kuman

Ilustrasi spons cuci piring.
Sumber :
  • Pixabay/Jarmoluk

VIVA.co.id – Tahukah Anda bahwa banyak sekali bakteri yang tertinggal di dalam spons cuci piring yang Anda gunakan setiap hari?

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Faktanya, spons merupakan salah satu benda dengan bakteri paling banyak yang ada di dunia. Alat yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring tersebut sebenarnya adalah sarang bagi bakteri-bakteri kecil.

Ketika Anda menggunakan spons tersebut untuk mencuci piring dengan noda minyak, itu berarti Anda memberi makanan untuk bakteri-bakteri tersebut.

Spons Pencuci Piring Bisa Sebabkan Keracunan, Kolera hingga Kelenjar Tiroid, Kok Bisa?

Tapi jangan khawatir, karena ada sejumlah cara jitu yang akan membantu menjaga spons tetap bersih, atau setidaknya meminimalisasi kuman. Berikut ini tipsnya, seperti dilansir dari laman Care2, Selasa, 19 September 2017.

Usahakan spons tetap kering

5 Kesalahan Umum saat Makeup yang Harus Dihindari

Setelah mencuci piring, langsung bersihkan dan peras spons tersebut hingga kering. Spons yang kering akan menghambat tumbuhnya bakteri dan spons juga akan bertahan lebih lama.

Hindari anti-bakteri

Jangan tergoda untuk menggunakan spons atau sabun yang memiliki anti-bakteri di dalamnya. Produk anti-bakteri dapat merusak kesehatan lingkungan, karena rata-rata mengandung triclosan di dalamnya.

Tak hanya itu, zat anti-bakteri hanya akan membuat bakteri tidak dapat keluar dari spons. Jadi kuman pertama yang sudah bersarang pada spons akan tetap hidup di dalamnya selama Anda menggunakan spons tersebut.

Pisahkan spons khusus sayuran

Ketika Anda membersihkan sayuran menggunakan spons, ada baiknya Anda menggunakan spons yang berbeda dengan spons yang digunakan untuk mencuci piring, demi mencegah penyebaran bakteri.

Ganti spons secara rutin

Selalu ganti spons secara rutin, karena seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak bakteri yang ada di dalam spons cuci piring Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya