Cara Unik Pesan Bakso dan Mie Ayam Mojopahit

Bakso soun dan mie ayam Mojopahit
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Rumah makan ini dikenal dengan nama Bakso Soun dan Mie Ayam Mojopahit. Sesuai namanya, menu utama yang ditawarkan di rumah makan ini adalah bakso dan mie ayam. Cara pesan di sini cukup unik. Di sini, Anda akan dilayani dengan bahasa Jawa oleh pelayan, biarpun memesan menggunakan bahasa Indonesia. 

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

"Mas, pesan bakso sama es jeruk," kata VIVA.co.id saat berkunjung ke rumah makan Bakso Soun dan Mie Ayam Mojopahit di Jalan Kedungsari, Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur.

"Setunggal? (Satu porsi?)," jawab si pelayan dengan bahasa Jawa kromo inggil. Dia kemudian berlalu menuju juru masak setelah menerima isyarat anggukan kepala.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

Rumah makan Bakso Soun dan Mie Ayam Mojopahit adalah rumah makan yang kental dengan nuansa Jawanya. 

Semua pegawai di sini menggunakan bahasa Jawa kromo inggil saat berkomunikasi dengan pengunjung. Cobalah pancing dengan bahasa Suroboyoan, pelayan tetap akan merespons dengan bahasa Jawa halus. 

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Selain soal bahasa, hal yang menarik ialah bangunannya. Rumah makan ini menempati sebuah bangunan kuno. Soal menu, Bakso Soun dan Mie Ayam Mojopahit jangan diragukan. VIVA.co.id coba mencicipi bakso uratnya. Tampilannya hampir sama dengan umumnya bakso. Cuma, mie yang dipakai ialah mie putih bukan mie kuning. Soal rasa, cocok untuk lidah Jawa Timuran.

Akan terasa sempurna jika memakan bakso di sini sambil mengemil keripik atau kriuk-kriuk yang dicolekkan ke sambal kecap. Jika ingin perut lebih berisi, pesanlah juga nasi putih satu porsi. "Bakso satu lagi, Mas," kata seorang teman. Dia kurang.

Menu bakso soun dan mie ayam Majapahit


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya