Tips Sederhana Bersihkan Celemek

Apron atai Celemek
Sumber :
  • Pixabay/ Courton

VIVA.co.id – Apron, atau celemek kerap digunakan saat memasak untuk menghindari ciptran minyak goreng, atau percikan air saat tengah berada di dapur. Tak heran, jika celemek kerap terlihat kumal, karena noda kotoran dapur.

3 Tips Merawat Peralatan Dapur Biar Awet dan Tahan Lama

Kondisi celemek yang kotor, tentu tidak mungkin dicampur dengan pakaian biasa saat dicuci. Meski terkesan sepele, terkadang banyak para ibu kesal, karena sulit menghilangkan noda membandel dari celemek.

Yang perlu diketahui, Anda harus memisahkannya dengan cucian lain saat hendak membersihkan celemek. Bagaimana cara sederhana membersihkannya? Berikut, tipsnya dikutip dari laman Boldsky:

Dokter Garis Depan Corona: Ada yang Pakai Kantong Sampah dan Celemek

1. Baca petunjuk pencucian celemek terlebih dahulu. Jika celemek bisa dicuci dengan air hangat atau panas, Anda bisa merendamnya di air tersebut selama 20-30 menit. Tambahkan sedikit deterjen.

2. Jika terdapat noda kering, tambahkan tiga sendok makan amonia di setengah ember air, rendam celemek selama 20 menit. Gunakan sikat jika dibutuhkan.

Panduan Lengkap Bersihkan Dapur Enggak Pakai Ribet

3. Anda juga bisa hilangkan noda pada celemek dengan sabun cair pencuci piring. Sabun ini dapat menghilangkan lemak membandel dengan mudah. Cukup oles sedikit sabun cair lalu gosok hingga noda hilang.

4. Terkadang bau bawang, daging, atau makanan lain menempel pada celemek. Untuk menghilangkannya, rendam celemek dalam cairan hidrogen peroksida selama 10-15 menit setelah dicuci dengan sabun lalu bilas.

5. Selain bahan kimia di atas, Anda juga bisa gunakan susu untuk menghilangkan noda. Setelahnya cuci celemek dengan air dan cuka bening untuk menghilangkan bau susu. Bau cuka akan hilang, seiring dengan keringnya celemek.

6. Cara sederhana lain adalah menggunakan air lemon dan garam. Rendam celemek dalam larutan ini. Kemudian, bisa dengan air hangat dan keringkan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya