Oven Bisa Bikin Pisang Matang Lebih Cepat

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Pernah Anda kecolongan membeli pisang yang belum matang? Butuh beberapa hari untuk menjadikannya matang. Menunggu bukan hal yang menyenangkan, bukan?

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Tak perlu khawatir, ada cara untuk mematangkan pisang lebih cepat. Yang Anda perlukan hanya oven.

Dilansir dari laman Daily Meal, Rabu, 27 September 2017, cukup panaskan pisang di suhu 148 derajat celsius. Letakkan pisang di atas wadah panggang, panaskan selama 45 menit.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Bentuknya mungkin akan terlihat tidak semenarik di awal. Pisang akan berubah menjadi hitam mengkilat dan akan terlihat sedikit daging pisang yang bocor dan keluar dari kulitnya. Namun, itulah pisang yang matang di oven.

Setelah selesai, diamkan selama 30 menit hingga dingin. Jika mau, Anda bisa masukkan pisang tersebut ke dalam lemari pendingin.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Jika tak memiliki oven, Anda bisa gunakan microwave untuk mempercepat proses pematangan pisang. Namun, caranya berbeda dibandingkan dengan oven.

Tusuk pisang terlebih dahulu dengan garpu, letakkan di atas tisu, kemudian masukkan ke dalam microwave selama dua menit. Namun, durasi ini tergantung seberapa matang pisang sebelum dipanaskan.

Tapi ingat, sebaiknya jangan gunakan microwave untuk mematangkan pisang yang masih hijau. Microwave melunakkan buah lebih cepat, sehingga gula alami dalam buah tidak akan terasa manis seperti seharusnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya