Wah, Kini Ada Lumpia Semarang Isi Bengkoang

Lumpia bengkoang, varian baru lumpia khas Semarang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Bicara kuliner Semarang, siapa yang tak kenal lumpia? Kini, olahan rebung yang dibungkus adonan tepung itu juga menjadi salah satu kuliner tradisional Indonesia yang mengalami inovasi modern lho.

Sate Koyor Karangsaru Legendaris Khas Semarang, Jelang Buka Banyak yang Ngantre

Ya, lumpia saat ini tak melulu memakai ciri rebung muda sebagai isian. Belum lama ini muncul varian lumpia baru yang diisi dengan buah bengkoang.

Varian lumpia bengkoang sendiri diperkenalkan oleh Ivone Wibowo, seorang pemilik toko Lumpia Modern di Jalan Nias 4/4 Kota Semarang.

Nikmatnya Buka Puasa dengan Nasi Ruwet Khas Semarang

Seperti lumpia pada umumnya, isian lumpia ini bukan cuma bengkoang, namun tetap ada tambahan lain yakni telur dan udang. Setelah dibungkus dan digoreng, lumpia bengkoang tetap memiliki tekstur renyah seperti lumpia biasa. Rasanya disebut-sebut jauh lebih gurih dan lezat.

"Kami hanya menggunakan rasa manis dari bengkoang. Rasa lumpia bengkoang ini lebih gurih daripada lumpia rebung,” kata Ivone kepada VIVA co.id, Rabu, 4 Oktober 2017.

Sensasi Berbuka Puasa dengan Sate Tulang Ayam, Seperti Apa Rasanya?

Menurut Ivone, ia memilih bengkoang sebagai isian lumpia karena ada sebagian orang yang tak suka dengan aroma rebung. Itulah mengapa ia memilih buah bengkoang yang identik dengan rasa manis dan gurih.

"Jadi ini merupakan varian modern. Biar orang punya pilihan lain tentang kuliner asli Semarang ini," ujar dia.

Lumpia bengkoang, varian baru lumpia khas Semarang.

                                         (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

Meski begitu, toko milik Ivone tetap menjual lumpia original dengan isian rebung dan telur. Untuk harga lumpia bengkoang sendiri cukup murah, yakni Rp6 ribu per buah. Sementara lumpia isi rebung dan telur dihargai Rp8 ribu. Pembeli juga dibebaskaan memilih isian tambahan, seperti udang atau ayam dengan harga Rp10 ribu.

Tak hanya melayani konsumen yang datang ke tokonya di Semarang, Ivone juga menawarkan layanan pemesanan online di nomor 081931955579 dan BBM D45B5FDC. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya