Tiga Hal yang Wajib Diperhatikan saat Beli Ayam

Daging ayam mentah.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA – Ada baiknya lebih teliti dan hati-hati saat membeli daging ayam mentah di pasar atau supermarket. Jika membeli ayam yang salah, justru dikhawatirkan akan mendatangkan penyakit. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli ayam? Berikut di antaranya seperti dilansir laman Mashed.

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Ketahui ciri daging ayam yang baik
Disarankan oleh Bart Pickens, executive chef di Party Fowl, Nashville untuk memilih ayam dengan kulit berwarna kuning dan daging ayam masih berwarna merah muda. Jangan pilih ayam yang sudah mengeluarkan bau. 

Bagian dada ayam berwarna pink pucat dengan sedikit lemak, dan bagian daging merah warnanya lebih gelap dengan lemak putih.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Perhatikan label, jika beli ayam kemasan
Jika Anda ingin ayam yang lezat, sebaiknya jangan pilih ayam yang sudah didinginkan atau di-frozen. Ayam segar tidak akan melalui proses pendinginan. 

Biasanya ayam yang dijual di supermarket dibekukan selama perjalanan, dan dicairkan sebelum disusun di lemari pajang. Perlu diketahui, proses pendinginan dan mencairkan ayam yang beku dapat mengubah tekstur ayam. 

Daftar Harga Pangan 13 Maret 2024: Daging Sapi, Cabai, hingga Telur Ayam Naik

Bertanya pada penjual
Jika benar-benar ingin mendapat ayam berkualitas, bertanya pada sang penjual adalah cara yang tepat. Anda bisa mendapat informasi bagaimana ayam diproses, diternakan, hingga mendapat ayam yang paling segar.

Tak hanya itu, di pasar tradisional Anda bisa lakukan tawar menawar sekaligus untuk menghemat pengeluaran. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya