Benarkah Menyimpan Telur di Kulkas Bikin Cepat Busuk?

Telur.
Sumber :
  • Pexels/unsplash

VIVA – Pasti banyak di antara Anda yang masih mengandalkan kulkas untuk menyimpan telur. Biasanya telur ditaruh dalam rak khusus dalam kulkas yang memang diperuntukkan untuk telur.

Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Berkembang dan Bisa Bantu Banyak Orang

Namun, menyimpan telur dalam kulkas sebenarnya tidak dianjurkan. Dilansir laman Metro, Selasa, 7 November 2017, telur menjadi cepat busuk saat disimpan dalam kulkas.

Vlatka Lake dari marketing Space Station mengatakan, bahwa perubahan suhu yang cepat atau mendadak ketika pintu kulkas dibuka dan ditutup adalah faktor utama yang mempercepat pembusukan telur.

40 Persen Kebutuhan Telur Wilayah Kutai Timur Dipasok dari Komunitas Desa Binaan KPC

Pilihan aman untuk menyimpan telur adalah menaruhnya dalam wadah atau tempat yang suhunya bisa diatur. Bisa di dalam kotak di lemari pendingin, prinsipnya telur tidak sering mengalami perubahan suhu dadakan.

Selain menjaga kestabilan suhu, British Egg Information Service menyarankan untuk menjauhkan wadah penyimpanan telur dari makanan yang menimbulkan bau seperti daging mentah untuk menghindari kontaminasi silang.

Daftar Harga Pangan April 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Suhu optimal untuk menyimpan telur sebaiknya 20 derajat celsius. Jika ingin merebus telur, diamkan telur di suhu ruang selama 30 menit terlebih dahulu untuk mencegah telur pecah akibat perubahan suhu. (mus)

Pedagang merapikan telur di Pasar Senen, Jakarta

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Selain cabai dan telur, komoditas yang harganya naik antara lain daging sapi dan ayam.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024