Waspada, Area Lemak Tersembunyi di Dada Ayam

Dada ayam mentah.
Sumber :
  • Pixabay/kakyusei

VIVA – Potongan daging dada ayam disinyalir merupakan bagian yang sehat dan bebas lemak untuk dikonsumsi. Namun, siapa sangka, cara memotong daging dada ayam yang kurang tepat, justru bisa menjadi tempat menumpuknya lemak.

Peternak Minta Penetapan Harga Acuan Ayam Hidup

Dilansir dari laman Reader's Digest, cobalah perhatikan potongan daging dada ayam yang Anda miliki. Jika terdapat segaris putih di permukaan antara potongan dagingnya, waspada itu adalah tumpukan lemak yang tersembunyi.

Garis berwarna putih di permukaan daging dada ayam tersebut sebenarnya adalah kantong lemak dari ayam. Hal ini disebabkan besarnya frekuensi proliferasi di peternakan saat ayam tersebut masih dikarantina.

Begini Cara Cepat Potong Daging Ayam

Compassion in World Farming menjelaskan, proses timbulnya garis putih di daging dada ayam bertujuan untuk membuat masa beternak menghasilkan telur yang banyak. Karena masa beternak yang tidak natural itu, memicu gangguan perkembangan pada jaringan sel, sehingga menimbulkan garis putih.

Menurut studi tahun 2013 dari University of Bologna, garis putih tersebut mengandung 224 persen lemak dari kadar normalnya. Jadi, pastikan Anda bisa memotong area garis putih tersebut sebelum daging dada ayamnya dikonsumsi.

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Bisa juga, Anda meminta pemotong daging di pasar tempat Anda membeli daging dada ayam untuk membersihkan area garis putih tersebut. Sebab, garis putih yang seringkali disepelekan ternyata malah menjadi pusat tumpukan lemak.

Seorang pedagang ayam sedang melayani pembeli. Menjelang lebaran, harga daging ayam meroket.

Jelang Lebaran, Harga Ayam Potong Meroket

Kenaikan harga ini diprediksi hingga usai lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 Juni 2017