Bukan Pecinta K-Pop, Kalau Tak Tahu 5 Olahan Kimchi Ini

Kimchi jeon/kimchi pancake.
Sumber :
  • Maangchi.com

VIVA – Para K-Pop lovers pasti sudah kenal betul dengan yang namanya kimchi. Acar sawi putih khas Korea Selatan ini menuai popularitas tinggi dalam beberapa tahun belakangan, seiring dengan kian terkenalnya budaya Negeri Ginseng.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Di negara asalnya, kimchi memang bukan sekadar acar, melainkan menu makanan yang wajib tersedia di meja makan setiap hari, dan dikonsumsi tiga hari sekali.

Saking gemarnya dengan kimchi, bahkan ada Kimchi Day alias Hari Kimchi lho, di Korea sana. Nah, di momen ini, VIVA akan berbagi beberapa jenis hidangan Korea yang terbuat dari kimchi. Mulai dari nasi goreng hingga sup. Berikut ini di antaranya, dihimpun dari berbagai sumber.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Kimchi Jeon

Yang satu ini sebenarnya mirip bakwan di Indonesia, tapi bentuknya bulat dan tipis seperti panekuk. Kimchi jeon terbuat dari adonan tepung terigu, air dan bumbu yang diberi kimchi, lalu dimasak sebentar di penggorengan. Jeon tak hanya bisa dibuat dengan kimchi, namun juga berbagai bahan lain seperti daun bawang, wortel, tauge, udang dan masih banyak lagi.

Pencinta Drakor Merapat, Dokter Zaidul Akbar Sebut Kimchi Sangat Baik Buat Kesehatan

Kimchi Bokkeumbap

Seperti di sejumlah negara Asia lainnya, di Korea, nasi goreng adalah salah satu hidangan populer. Nah, nasi goreng kimchi biasanya tak hanya ditambah kimchinya saja, namun juga airnya, sehingga warna nasi goreng menjadi merah menyala.

Kimchi Jjigae

Sup kimchi menjadi salah satu hidangan musim dingin yang paling dicintai masyarakat Korea. Umumnya, bukan cuma kimchi yang digunakan, namun juga tahu, tauge dan beberapa bumbu lainnya. Tentu saja orang sana biasa menikmatinya bersama semangkuk nasi.

Kimbap

Kimbap atau sushinya orang Korea juga sering diberi kimchi. Namun, tentu saja kimbap bisa diisi bahan apapun, mulai dari telur, daging dan masih banyak lagi.

Kimchi jjim

Yang satu ini adalah kimchi yang dimasak dalam waktu lama hingga air atau kuahnya telah berkurang. Umumnya, kimchi yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah kimchi yang usianya sudah tua, setidaknya lebih dari enam bulan. Rasa kimchi jjim sangat kuat sehingga harus disantap bersama hidangan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya