Masak 1.227 Cangkuak Diganjar Rekor MURI

Festival Cangkuan Padang Panjang raih MURI
Sumber :
  • Instgram GenPI Padang Panjang

VIVA – Kota Padang Panjang berhasil memecahkan rekor memasak Sambalado Cangkuak terbanyak di dunia. Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) diraih oleh Kota Hujan pada Minggu, 26 November 2017.

Venue PON XX Papua Ini Ternyata Banyak Catat Rekor MURI

Dalam akun Generasi Pesona Indonesia atau GenPI Padang Panjang, sepanjang Jalan Sudirman, Kota Padang Panjang digelar Festival Cangkuak. Di sana berjejer 1.227 cangkuak tungku kecil.

Tungku tersebut terbuat dari susunan batu bata dan kayu bakar yang kemudian digunakan oleh para peserta untuk memasak cangkuak. Kegiatan digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Padang Panjang yang ke-227 pada 1 Desember 2017.

Si Yakob, Burung Beo Asal Medan Pintar Tirukan 6 Bahasa

Rekor ini diklaim sebagai yang pertama kali di Indonesia dan dunia. Cangkuak tidak hanya ada di Padang Panjang, namun cangkuak asal kota ini punya kekhasan tersendiri.

Kolaborasi KITA Catat Rekor MURI, Rajin Gelar Kegiatan Sosial

Cangkuak di Padang Panjang tidak dicampur dengan karupuak jangek (kerupuk kulit), melainkan hanya diisi dengan cabai, ikan bada (teri), daun bawang, air nasi, kunyit, daun ruku-ruku, dan tomat.

Jika berkunjung ke Padang Panjang, selain cangkuak, Anda juga wajib menikmati sate kuniang Sate Saiyo atau Sate Mak Syukur, Miso Si Amin hingga nasi ampera dengan 'porsi kuli'. Menikmati beragam camilan tradisional hingga kekinian juga bisa diburu di Pasa Lambuang yang ada di kota ini. (art)

Budayawan Jaya Suprana menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Cipinang

Musik Batak Mendunia, Anggota DPR Sabet Rekor Muri

Anggota DPR yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menerima rekor dunia yang diberikan oleh Jaya Suprana.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2021